Cara Menjawab Soal Reading Comprehension Tes Toefl dengan Benar

TOEFL adalah ujian yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa inggris yang sesuai dengan standar.Semua peserta ujian TOEFL tentu menginginkan nilai yang tinggi dalam semua sesi ujian. Umumnya tes TOEFL terdiri dari 3 sesi yaitu listening comprehension, structure and written expression,dan reading comprehension. 
Cara Menjawab Soal Reading Comprehension Tes Toefl dengan Benar

Cara menjawab soal reading komprehension adalah materi yang akan kita ulas pada kesempatan kali ini. Sesuai dengan nama sesi ini, yang akan diujikan adalah kemampuan membaca anda. Sehingga teks yang digunakan tergolong cukup sulit untuk dipahamil tanpaketerampilan membaca bahasa inggris yang bagus. Meskipun demikian tidak perlu pesimis, jika mau berusaha tentu anda bisa menaklukkan sesi ujian ini. Berikut ini adalah beberapa cara menjawab soal reading comprehension tes toefl dengan benar

1. Perbanyak Kosa Kata
Dengan menguasai banyak kosa kata anda akan bisa lebih mudah memahami teks berbahasa inggris, dan tentunya akan membantu anda pada sesi ujian reading comprehension.Untuk memperbanyak kosa kata sebaiknya tidak dengan mengapal, seperti yang biasa dilakukan, karena itu tidaklah efektif dan mudah lupa. Cara efektif adalah membiasakan diri membaca artikel atau jurnal ilmiah. Bila saat membaca anda menemukan kata-kata yang tidak diketahui artinya, catat dan cari di kamus.Perlu dilakukan juga memahamil struktur dari bacaan dan gagasan utama.Dengan mengetahui gagasan utama akan menjadi lebih mudah memahami bacaan.

2. Tetap tenang dan fokus
Waktu ujian, yang pertama dilakukan adalah tetap tenang dan fokus. Jangan panik, karena panik akan membuyarkan konsentrasi dan persiapan yang sudah anda lakukan. kondisi ini malah akan membuat anda menjadi sulit memahami teks bacaan. Saat sudah merasa tenang, mulailah mengerjakan soal yang diberikan.

3. Tidak Perlu Membaca Keseluruhan Teks Bacaan
Untuk bisa mengerjakan soal reading comprehansion, tidak perlu membaca keseluruhan teks bacaan, yang perlu dilakukan adalah menemukan gagasan pokok dari setiap paragraf. Hal yang lain yang perlu dilakukan adalah menemukan keyword-keyword dari masing-masing paragraf untuk untuk mengetahui informasi pentingnya. Tetaplah fokus dan jangan sampai tergoda untuk membaca keseluruhan tek bacaan karena tidak akan efekti dan hanya akan mengabis-habiskan waktu anda.Dengan gagsan pokok dan keyword yang sudah anda dapatkan, akan bisa mengerjakan soal-soal dengan lebih baik.

4. Bacalah Pertanyaan Dengan Baik
Membaca pertanyaan soal dengan baik, bisa membantu anda untuk menemukan jawabannya dengan mudah. Tetapi apabila masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan jawaban dari teks bacaan,anda perlu memelakukan metode scanning yaitu dengan membaca teks sekilas untuk menemukan jawabannya.

5. Lakukan Teknik Eliminasi Jawaban
Pada soal yang sulit, anda bisa juga melakukan teknik eliminasi jawaban. Teknik ini dilakukan dengan membuang pilihan jawaban yang diperkirakan tidak berhubungan dengan pertanyaan dan bacaan.

6. Jangan mengahabiskan waktu di soal yang sulit
Jika masih menemukan soal yang sulit, janganlah terlalu terpaku pada soal tersebut karena hanya akan menhabiskan waktu. Lanjutkan mengerjakan soal yang lain mungkin saja anda akan lebih banyak menemukan soal yang lebih mudah dikerjakan.

 Salam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjawab Soal Reading Comprehension Tes Toefl dengan Benar "

Post a Comment