Cara Mendapat Nilai Tinggi Pada Soal Listening Test T

Masi berbagi informasi seputar cara mengerjakan soal tes TOEFL (sebelum : cara menjawab soal reading tes toefl), dan kali ini kita akan membahas cara mendapatkan nilai tinggi pada listening section.Pada sesi listening ini, kemampuan mendengar dan memahami percakapan dan penyampaian materi secara lisan yang diujikan. Situasi tes ini dibuat sebagai gambaran pembelajaran diluar negeri yang memakai bahasa inggris.Jadi soal tentu berkisar pada pemahaman mengenai apa yang tengah dibicarakan.
Cara Mendapat Nilai Tinggi Pada Soal Listening Test T

Soal listening menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang yang pernah mengikuti tes TOEFL. Karena soal disampaikan melalui perangkat Auodio (Tape) yang sulit untuk dipahami karena disampaikan oleh native speaker (penutur asli). Penyampaian bahasa inggris oleh native speaker sangat jauh berbeda jika mendengarkan bahasa inggris oleh orang indonesia, mereka berbicara dengan cepat dan sering terdengar asing ditelinga walaupun sebenarnya kita pernah mempelajari kalimat yang diucapkan tersebut.Walaupun demikian, tidak perlu pesimis, dengan memperlajari stategi menjawab soal listening ini, akan membantu anda saat tes.Berikut ini beberapa strategi yang bisa dicoba untuk mendapatkan skor tinggi pada soal listening tes TOEFL.

Cara Mendapat Nilai Tinggi Pada Soal Listening Test TOEFL dengan Mudah
a. Belajar Sebelum Tes

1. Biasakan Diri Mendengar Percakapau atau Penyampaian Materi Dalam Bahasa Inggris
Supaya dapat menyelesakain soal listening tes TOEFL dengan mudah tentunya kita harus terbiasa mendengarkan percakapan atau penyampaian materi dalam  bahasa inggris.Jika mau belajar, untuk mendapatkan materi belajar listening ini tidaklah terlalu sulit, anda bisa mendownloadnya dari internet, percakapan atau penyampaian kuliah dalam bentuk mp3 atau video.

2. Perhatikan Penyampaian Gagasan
Pertama-tama yang perlu dilakukan hanya mendengarkannya saja sampai terbisa, jika sudah terbiasa bisa dimulai mencoba memahamil gagasan yang disampaikan.Agar belajar lebih efektif anda bisa menggunakan catatan-catatan kecil.Bila mendengar kata baru, anda bisa mencatat dan mencari artinya. Ini akan memperkaya kosa kata anda dan nanti akan sangat mengerjakan tes TOEFL ini.Selain itu perlu juga untuk memperhatikan pola penyampaian informasi sehingga bisa lebih mudah mengetahui apa yang dinginkan dari soal. 

3. Perhatikan Transisi Pembicaraan
Memperhatikan transisi pembicaraan untuk mengetahui apakah pembicaraaan itu apakah merupakan pengantar, isi, atau kesimpulan.Sehingga kita jadi lebih mudah untuk memfokuskan diri kebagian tertentu yang diperkirakan menjadi jawaban dari soal.cara ini membuat bisa memahami secara sistematis 

4. Cobalah Terbiasa dengan Aksen Speaker
Ketika beralatih coba juga untuk membiasakan diri memahami pembicaraan dengan aksen yang berbeda, sehingga anda tidak merasa kesulitan, jika saat ujian speaker penyampai materi menggunakan aksen yang berbeda-beda.

5. Latihan Merangkum Pembicaraan
Cara selanjutnya yang perlu anda latih adalah merangkum seluruh pembicaraan. Dan bisa ditambah juga  sengan latihan menjawap pertanyaan sesuai dengan materi yang didengarkan\

Cara Mendapat Nilai Tinggi Pada Soal Listening Test TOEFL pada saat tes berlangsung :

Bebara teknik diatas adalah latihan sebelum tes diadakan, jika sudah berhadapan dengan tes,cara-cara berikut inilah ayng harus anda lakukan :
1. Tetap Fokus dan Tenang
Hal utama yang perlu anda lakukan haruslah tetap fokus dan tenang, kondisi ini akan membuat anda lebih mudah memahami apa yang dibicarakan dalam soal

2. Bacalah Dengan Baik Cara Pengerjaan Soal
Ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan teknisa saat mengerjakan soal

3. Perlu Diketahui Mengenai Pengguaan Waktu
Waktu akan mualai berjalan saat anda mengerjakan soal, jadi tidak perlu khawatir mengenai waktu mendengarkan speaker. Sering beberapa peserta kehilangan fokus karena juga mengkhawatirkan waktu ayng digunakan untuk mendengarkan speaker.

4. Tulislah poin penting dari apa yang disampaikan speaker karena akan membantu dalam menjawab pertanyaan

5. Perhatikanlah isi pembiaraan dan alurnya, sehingga akan lebih mudah memahaminya.

6. Saat menjawab anda harus hati-hati dan teliti, jika masih memungkinkan waktunya sebaiknya diperiksa lagi jawaban anda. Jika ada pertanyaan yang sulit, anda bisa menduga-duga jawaban yang paling benar. Tidak perlu takut jika salah, karena tidak ada pengurangan nilai. Anda harus yakin dengan jawaban yang telah anda buat

 Salam Sukses



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mendapat Nilai Tinggi Pada Soal Listening Test T"

Post a Comment