Cara-Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris

Cara Cepat untuk Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris. Listening skill dalam bahasa inggris adalah keterampilan menyimak untuk memahami makna atau maksud dari ucapan seseorang baik dalam bentuk kata, frasa, kalimat yang sederhana, gabungan kompleks,sampai gabungan kompleks variasi. Banyak orang yang belajar bahasa inggris mengeluhkan kemampuan listening mereka, sulit memahami perkataan seorang native speaker yang mereka temui atau sulit memahi acara/berita dalam bahasa inggris dari Radio, TV, sulit memahami film atau lagu-lagu berbahasa inggris,dll.



Cara-Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris

Kemampuan listening bahasa inggris yang masih rendah menjadi tambah bermasalah ketika mengikuti ujian bahasa inggris yang ada soal-soal listening. Soal-soal listening berisi pembicaraan native speaker (pembicara asli) dalam berbagai kondisi. Biasanya di sekolah atau tempat kursus, yang memprakktekan percakapan/ucapan berbahasa inggris adalah orang Indonesia (Guru atau teman). Pengucapan biasanya lambat dan menggunakan bahasa formal jadi lebih mudah dipahami, sementara pada soal-soal listening berbeda yang berbicara adalah native speaker yang berbicaranya cepat dan sering menggunakan kata-kata baru yang jarang kita dengar . Jika tidak berlatih dan meningkatkan kekampuan listening, ini akan menyulitkan Anda menyelesaikan soal-soal tersebut.
Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris yang bisa dicoba untuk meningkatkan kemampuan listening bahasa inggris :
1. Cara yang paling mudah adalah dengan terjun langsung ke wahana sosial dimana disitu banyak berkumpul native speaker atau sering kita sebut Bule, seperti pada tempat-tempat wisata. Karena dengan sering berkomunikasi dengan mereka, lama kelamaan bisa otomatis dapat memahami ucapan mereka dengan baik dan benar.

Bagi yang tidak bisa Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris dengan  terjun ke wahana semacam diatas, bisa mencoba alternative berikut :

2. Meningkatkan Kemampuan Listeing Bahasa Inggris melalui Reading
Reading adalah salah satu cara yang paling jitu, paling cepat dan paling mudah, paling cepat, dan paling murah untuk membantu terbentuknya skill bahasa inggris lain secara praktis. Karena dalam reading sama halnya  dengan memiliki decoder untuk memahami kata, frasa, kalimat, variasi kalimat, dan grammar. Hanya saja dalam bentuk tulisan dan itulah batu loncatan bagi Anda untuk membentuk listeing skill. Jikas sudah memiliki kemampuan memahami literature bahasa inggris-anggap saja Grade 1-maka hanya perlu beradaptasi sebentar saja untuk mampu memahami pembicaraan yang menggunakan kalimat-kalimat yang ada pada grade 1.

 3. Belajar dari Audio-Book
Saat ini banyak sekali adio book yang gratis tersebar di internet. Cara belajarnya Pilih salah satu Audio Book yang manarik misalnya “Cinderella” pertama baca dulu bab I setelah selesai dengarkan audio MP3 nya. Lalu lanjutkan ke bab II, lalu dengarkan audio. Setalah merasakan kemudahan, cobalah secara dadakan langsung mendengarkan audio tanpa melalui teksnya lagi.

Skill atau atau keterampilan tidak bisa ditebus dengan cara apapun kecuali dengan praktek..praktek…dan praktek, sampai otomatis tanpa berfikir.

Semoga dengan info mengenai Cara-cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris ini bisa membantu meningkatkan kemampuan  listening anda secara cepat dan hasilnya memuaskan.

Sumber Referensi : Buku Rahasia Sukses Belajar Bahasa Inggris

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara-Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris"