Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris (Listening, Speaking, Reading, Writing)

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris-Setiap orang yang belajar bahasa inggris pasti meginginkan segerea bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris mereka, agar bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang asing dan mengunggkapkan keinginan dalam bahasa inggris dengan benar dan lancar. Mereka selalu ingin mencari tahu dan mempraktekkan cara untuk cepat belajar bahasa inggris. Belajar bahasa inggris dengan cepat bukan hanya menyelesaikan materi-materi pelajaran bahasa inggris melainkan bisa juga mempraktekkan dengan baik dan benar, sesuai harapan.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris (Listening, Speaking, Reading, Writing)

Dalam belajar bahasa inggris 4 kemampuan bahasa inggris yang akan di kembangkan. Kemampuan itu adalah listening (mendengar) , speaking (berbicara), reading (membaca), writing (menulis). Untuk meningkatkan masing-masing kemampuan ada perbedaan cara-caranya.  Berikut ini akan di jelaskan beberapa cara cepat belajar bahasa inggris untuk meningkatkan semua kemampuan bahasa inggris tersebut.
Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris
a. Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Listening (Mendengar)
Berikut ini adalah beberapa cara cepat yang bisa dicoba untuk meningkatkan kemampuan listening bahasa inggris :
1. Cara yang paling mudah adalah dengan terjun langsung ke wahana sosial dimana disitu banyak berkumpul native speaker atau sering kita sebut Bule, seperti pada tempat-tempat wisata

Bagi yang tidak bisa terjun ke wahana semacam diatas, bisa mencoba alternative berikut :
2. Meningkatkan Kemampuan Listeing Bahasa Inggris melalui Reading
Reading adalah salah satu cara yang paling jitu, paling cepat dan paling mudah, paling cepat, dan paling murah untuk membantu terbentuknya skill bahasa inggris lain secara praktis. Karena dalam reading sama halnya  dengan memiliki decoder untuk memahami kata, frasa, kalimat, variasi kalimat, dan grammar. Hanya saja dalam bentuk tulisan dan itulah batu loncatan bagi Anda untuk membentuk listeing skill.

 3. Belajar dari Audio-Book
Saat ini banyak sekali adio book yang gratis tersebar di internet. Cara belajarnya Pilih salah satu Audio Book yang manarik misalnya “Cinderella” pertama baca dulu bab I setelah selesai dengarkan audio MP3 nya. Lalu lanjutkan ke bab II, lalu dengarkan audio. Setalah merasakan kemudahan, cobalah secara dadakan langsung mendengarkan audio tanpa melalui teksnya lagi.

b. Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Speaking (Berbicara)
Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk Cepat Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris :
1.Gunakan metode Mendengarkan dan Menjawab Cerita Singkat
Dengan metode belajar mendengar dan menjawab (Pertanyaan dari cerita) kita harus berpikir dan terpacu untuk menjawab (berbicara) dengan cepat.

2. Jangan Terlalu Fokus Belajar Grammar
Menguasai grammar itu penting, tapi jangan terlalu fokus mempelajarinya apa lagi belajar dengan menghapal rumus-rumus karena akan menghambat perkembangan kemampuan berbicara. Jika saat berbicara selalu memikirkan grammar, berbicara jadi tidak natural, terbata-bata, bahkan bisa tidak bisa berbicara sama sekali.

3. Berhentilah Membaca Buku Pelajaran Bahasa Inggris yang Formal/Umum
Anda pasti merasa heran, jika disuruh berhenti membaca buku pelajaran bahasa inggris, itu karena buku pelajaran bahasa inggris yang formal/umum yang biasa kita dapatkan di Sekolah atau tempat kursus materinya hanya untuk aktifitas formal saja dan jarang digunakan untuk percakapan sehari-hari.

4. Belajar Secara Mendalam
Pelajari tiap kata, tiap frase secara mendalam agar benar-benar tersimpan dalam ingatan, tidak hanya mengerti/mengingat arti atau belajar hanya untuk ujian. Belajar secara cepat hanya membuat kita cepat lupa apa yang telah dipelajari.

5.Dengarkan Cerita Pendek yang Sama yang Disampaikan dengan Waktu  (Tenses) yang Berbeda
Tujuan menerapkan cara ini untuk dapat mengusai grammar tanpa harus menghapal grammar yang cukup membosankan.

6.Belajarlah Bahasa Inggris yang Sebenarnya
Untuk dapat paham apa yang orang inggris sampaikan dan kita juga bisa berbicara seperti mereka, maka kita harus melakukan apa yang biasa mereka lakukan seperti mendenagar radio, radio talk show, audio book, audio article, menonton tv ,film, berbahasa inggris.

c. Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Reading (Membaca)
Banyak mengalami masalah dalam membaca dan memahami teks bahasa inggris. Kunci utama untuk mengatasinya hanya 1 satu yaitu teruslah berlatih. Mungkin sobat pembaca bertanya, bagaimana cara berlatih yang bagus. Ya, berikut ini cara berlatih membaca dan memahami teks bahasa inggris yang bisa di coba :

1. Atur Waktu Membaca Setiap Hari
Mengatur waktu untuk membaca setiap hari, secara teratur akan bisa meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks bahasa inggris. Misalnya menyediakan waktu minimal  15 menit untuk membaca sebelum tidur misalnya sebelum tidur,

2. Gunakan Buku/Bacaan Umum yang Menarik
Agar bisa sedang dan tidak tebebani dalam berlatih gunakanlah buku bacaan yang umum dan menarik contohnya buku cerita atau novel.

3. Cek Kecepatan Membaca
Jika ingin memiliki kemampuan membaca bahasa inggris dengan cepat, haruslah mencek kecepatan membaca, jika tidak akan tahu apa kecepatan membaca kita sudah bagus atau adakah peningkatan setelah berlatih. Cara yang bisa di ketika membaca setiap 5-10 menit berhenti untuk menghitung berapa halaman buku yang sudah dibaca. Atur saja alarm Jam di rumah atau di Hp untuk waktu tersebut. Kecepatan membaca di hitung dalam Berapa Banyak Kata/Menit membaca.

4. Cek Pemahaman dalam Membaca
Memiliki kemampuan membaca cepat akan tidak ada artinya jika tidak memahami apa yang kita baca. Jika ingin berlatih memahami teks bahasa inggris sekaligus berlatih kecepatan membaca, ketika membaca berhentilah setiap Bab (Jika membaca novel) atau setiap bagian, atau setiap kelompok 10 atau 12 halaman (jika berbentuk teks), kemudian tanyalah diri kita dengan beberapa pertanyaan mengenai apa yang telah kit abaca. Jika tidak mengetahui/lupa urutan cerita, dan tidak bisa mengingat dengan jelas  apa yang sudah di baca, kembali ulang membaca bab atau bagian yang dibaca tadi

5. Berlatihlah Membaca Secepat Kilat
Membaca secepat kita? Bagaimana cara nya?
Cara membaca secepat kilat, sediakan 4 atau 5 halaman buku umum yang menarik, kemudian bacalah secepat yang kamu bisa, tidak perlu memikirkan apakah sudah mengerti isi bacaannya atau tidak. Setelah selesai kembali lah membaca kecepatan normal yang kamu rasakan, kecepatan dimana kamu bisa memahami isi teks bacaan. Jika berlatih membaca secepat kilat ini, kecepatan membaca bisa meningkat 50-100 kata/menit. Teknik ini biasa digunakan atlet lari, mereka saat pelatihan mereka berlatih berlari lebih cepat dari yang seharusnya mereka lakukan pada saat perlombaan

6. Jangan Menggunakan Kamus Saat Membaca
Ketika membaca jangan diselingi melihat kamus, untuk mengetahui arti kata sulit yang ditemukan saat membaca, karena tidak efektif. Jika tujuan kita membaca untuk memahami atau mengerti isi bacaan tidak perlu mengetahui arti kata satu persatu, untuk mengetahui arti kata kita bisa melihat dari konteks kalimat/kalimat keseluruhan. Jika masih ingin tahu arti kata tersebut,tulislah dalam satu kertas dan cari artinya menggunakan kamus setelah selesai membaca.

7. Perhatikan Struktur Paragraf
Untuk bisa cepat memahai inti bacaan yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan atau memmahami ide utama dari tiap-tiap paragraph dalam bacaan, umumnya terletak pada kalimat awal, ada di kalimat akhir dan kadang-kadang ada ditengah (menceritakan perbandingan), biasanya kalimat ide utama ini . Dengan membaca ide utama bisa mendapat gambaran isi paragraf tersebut, jika tidak ada kalimat seperti itu di awal cari di akhir, kalau paragraf membandingkan 2 hal coba cari di tengah paragraf.

4. Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Writing (Menulis)
Cara Belajar Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris
Ada banyak sekali buku-buku tentang pembentukan kemampuan menulis atau writing skill, yang sangat di rekomendasikan adalah buku-buku serial L.G Alexander diantaranya First Thing First, Practice and Progress, Developing Skill and Fluency in English. Untuk writing bisa anda mulai dari practice and Progress. Untuk cara belajarnya sangat mudah, anggap saja anda sudah memiliki buku Practice and Progress, maka selanjutnya anda mulai dari Passage 1 (cerita 1) cara selanjutnya sebagai berikut :
1. Anda baca cerita tersebut
2. Buka kamus kosa kata baru yang belum dimengerti
3. Baca kembali dan pahami
4. Jawablah pertanyaan tertulis tanpa melihat bacaan tersebut
5. Ceritakan kembali cerita tersebut dari sisi anda sebagai penulis
6. Ceritakan kembali cerita tersebut dari sisi anda sebagai penulis
7. Ceritakan kembali cerita tersebut dari sisi anda sebagai penulis

Demikianlah beberapa cara cepat belajar bahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan  Listening, Speaking, Reading, Writing. Perlu diingat bahasa inggris bukanlah pengetahuan, melainkan keterampilan jadi tidak cukup hanya tahu, tapi harus bisa mempraktekkan secara otomatis tanpa harus berfikir. Cara untuk bisa ya harus praktek,praktek, dan praktek….

Good luck, semoga berhasil mempraktekkan cara-cara cepat belajar bahasa inggris diatas..

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris (Listening, Speaking, Reading, Writing)"

  1. Mau nanya dong min, penasaran, banyak sekali penulis yang membahas cara cepat menguasai bahasa inggris dalam waktu singkat, apakah itu mungkin? Bukannya dalam belajar itu nggak ada yg cepat soalnya kita harus melalui proses yang panjang dan melelahkan dan pada akhirnya kita bisa menguasai bahasa Inggris, what do you think about it?

    Salam kenal
    Agung kharisma
    http://dailybloggerpro.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Saya sarankan https://www.penpaland.com ,situs pertukaran bahasa berbasis
    Android:http://app.appsgeyser.com/Penpaland

    ReplyDelete
  3. terimakasih infonya sangat bermanfaat,jangan lupa kunjungi balik website kami http://bit.ly/2wFUPf3

    ReplyDelete