Home » » Tips Cara Cepat dan Mudah Belajar Tenses Bahasa Inggris

Tips Cara Cepat dan Mudah Belajar Tenses Bahasa Inggris

Tips Cara Cepat dan Mudah Belajar Tenses

Belajar bahasa inggris tidak akan bisa dilepaskan dari tenses. Tenses di perlukan untuk menyusun kalimat waktu yang dirujuknya bisa itu untuk masa lampau (past tense), sekarang (present), atau di masa yang akan datang (future).  Belajar bahasa inggris di sekolah atau di kursus bahasa inggris yang umum, setiap materi selalu disertai dengan tenses. Jumlah seluruh tenses ada 16 yang dibagi empat kelompok past tense, present tense, future future, dan past future/conditional. Untuk mempelajari semua tenses akan butuh waktu yang lama, jika menggunakan metode belajar yang sering digunakan dengan membaca/menghapal rumus-rumus tenses dan membuat kalimat-kalimat yang menggunakan tenses.

Sebagian besar orang merasa bosan belajar tenses, merasa tenses itu susah di kuasai. Meskipun sudah merasa hapal semua rumus tenses, tapi ketika dipraktekkan dalam pembicaraan itu tidak bisa diucapkan secara otomatis. Terlalu fokus belajar tenses malah jadi memperburuk kemampuan berbicara, saat berbicara jadi mikir-mikir dulu apa tenses yang digunakan, jadinya berbicara tidak natural tidak otomatis, bisa jadi tersendat-sendat, bahkan bisa jadi gak bisa bicara sama sekali, takut salah tenses.

Sekarang sudah banyak lembaga-lembaga pelatihan bahasa inggris menyatakan bahwa tidak efektif belajar tenses yang terlalu fokus. Karena alasannya seperti yang diutarakan di paragraf diatas. Namun walaupun demikian belajar bahasa inggris tetaplah penting dipelajari.
Sebuah kurus bahasa inggris online dari luar negeri berbagi Tips Cara Cepat Dan Mudah Belajar Tenses Bahasa Inggris, kurus ini meyakini bahwa untuk bisa berbicara otomatis tanpa berfikir harus banyak mendengar. Jadi untuk belajar belajar tenses ini secara alami dengan mendengarkan cerita. Bukan asal cerita, ceritanya disebut dengan istilah Point Of View Stories. Cerita ini merupakan satu Cerita Pendek yang Sama yang Disampaikan dengan Waktu  (Tenses) yang Berbeda. Contoh: Pertama mendengar cerita yang menggunakan Present Tense Setiap hari, Setelah setelah benar-benar paham dan melekat diingatan, mendengar cerita yang sama lagi tapi yang menggunakan Past Tense (Begitu seterusnya menggunakan tenses yang berbeda). Begitu selanjutnya Anda tinggal mengganti pola kalimat saja sesuai dengan waktu (tenses).

Dari kursus bahasa inggris online yang memberikan tips ini, untuk membuat  Point Of View Stories yang bagus, sebenarnya butuh  bantuan penutur asli (native speaker). Anda mencari sebuah teks cerita, carita yang sama diubah dengan penggunaan tenses yang berbeda-beda. Kemudian minta dia untuk membacakannya dan direkam, rekaman inilah yang akan anda dengar berulah-ulang sampai anda bisa menggunakannya secara otomatis tanpa harus berfikir. Namun jika tidak ada anative, anda bisa saja mencobanya sendiri. Ketika merekam suara, usahakan untuk mengucapkan teks cerita sebaik mungkin, jelas dan benar pengucapannya, harusnya enak didengar agar anda senang mempelajarinya.


Jenis tenses cukup banyak ada 16 jenis, yang terdiri dari rumus-rumus yang terbagi juga dalam jenis kalimat ada untuk kalimat postif, negative, dan tanya. Namun dalam kehidupans sehari-hari tidak semua tenses yang sering dipergunakan. Jadi untuk menghemat waktu dan menghindari kebingungan, fokuslah belajar tenses yang sering dipergunakan di kehidupan sehari hari spresent simple present tens, past tense, future tenses. 
Bahasa Inggris

0 komentar:

Post a Comment