Cerita Asal Usul danau toba dalam bahasa inggris dan terjemahannya

Cerita Asal Usul danau toba dalam bahasa inggris dan terjemahannya


Di indonesia sangat banyak cerita rakyat yang berkembang, cerita rakyat banyak menceritakan asal usul suatu kejadian. Sebenarnya tujuannya untuk mendidik menanamkan nilai-nilai kabaikan pada anak melalui cerita. Menceritaka sesuatu yang masih dapat dilihat hingga sekarang, agar bisa mengatakan masih ada peninggalan dari cerita tersebut, meskipun tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Salah satu certia rakyat yang cukup terkenal adalah cerita asal-usul danau toba. Danau toba merupakan danau terbesar di Indonesia yang berada di daerah sumatera utara.

Jika  ada teman yang butuh cerita asal-usul danau toba dalam bahasa inggris, ya berikut adalah cerita singkat Asal Usul danau toba dalam bahasa inggris dan terjemahannya :

Long ago , in a village in the northern part of Sumatra island there lived a young orphan farmer. He lived from farming and fishing . One day he was fishing a very beautiful fish . The color is golden yellow. When he holds, the fish turned into a beautiful princess. He doomed to be a fish for violating a ban. He will turn into a kind of creature who first touched it . Because the human touched, then she turns into a princess.

The young man fascinated by the beauty of the princess and ask her to marry. The application is accepted on condition that the young man would not tell the origin of the princess who comes from fish.He agreed the terms. After a year, the couple blessed with a boy. He has a bad habit that is never satiated . He ate all the food .

One day the child was eating all the food from their parents. The young man was very annoyed said: "The basis, this child, breeds fish ! " That statement by it self had unlocked the secrets of their promise has been violated. Hearing the words of the father, the child complained to her mother, asking what the meaning of his father's words. Knowing the husband had broken a promise.The princess and son disappeared mysteriously . The land of their former footing bursts a springs. Then the water that flows from the spring growing bigger and bigger. And become a vast lake.Now, The lake is called Lake Toba

Terjemahan singkat dari Cerita Asal Usul danau toba
Dahulu kala, di sebuah desa di bagian utara pulau Sumatra hiduplah seorang pemuda tani yatim piatu. Pemuda tersebut hidup dari bertani dan memancing ikan. Suatu hari ia memancing seekor ikan yang sangat indah. Warnanya kuning keemasan. Saat ia pegang, ikan tersebut berubah menjadi seorang putri jelita. Putri jelita tersebut dikutuk  menjadi ikan karena melanggar suatu larangan. Ia akan berubah menjadi sejenis mahluk yang pertama menyentuhnya. Oleh karena yang menyentuhnya manusia, maka ia berubah menjadi seorang putri.

Pemuda tersebut terpesona pada kecantikan sang putri dan mengajaknya untuk menikah. Lamaran tersebut diterima dengan syarat bahwa pemuda itu tidak akan menceritakan asal-usul sang putri yang berasal dari ikan.Pemuda tani itu menyanggupi syarat tersebut. Setelah setahun, pasangan suami istri tersebut dikarunia seorang anak laki-laki. Ia mempunyai kebiasaan buruk yaitu tidak pernah kenyang. Ia makan semua makanan yang ada.

Pada suatu hari anak itu memakan semua makanan dari orang tuanya. Pemuda itu sangat jengkelnya berkata: "dasar anak keturunan ikan!"Pernyataan itu dengan sendirinya membuka rahasia dari isterinya.Dengan demikian janji mereka telah dilanggar. Mendengar ucapan sang ayah, anak tersebut mengadu pada ibunya, menanyakan apa maksut dari perkataan ayahnya tersebut.Mengetahui suami sudah melanggar janji, putri dan anaknya menghilang secara gaib. Ditanah bekas pijakan mereka menyemburlah mata air. Air yang mengalir dari mata air tersebut makin lama makin besar. Dan menjadi sebuah danau yang sangat luas. Danau itu kini bernama Danau Toba

Hikmah yang dapat kita ambil dari cerita rakyat ini, seorang ayah harusnya sabar dan bisa mengendalikan emosi dalam menghadapi tingkah laku anak. Sebagai suami harus bisa menjaga janji-janji sebelum pernikahan. Jika ayah bisa lebih sabar dan bisa mengendalikan emosi, mungkin saja tidak akan keluar kata-kata yang akan melanggar janjinya.

Demikianlah Cerita Asal Usul danau toba dalam bahasa inggris dan terjemahannya. Meskipun tidak ada bukti kebenaranyan cerita tersebut, namun hikmahnya dapat dijadikan pembelajaran. Keindahan dari danau toba masih dapat dinikmati sampai sekarang ini.

Referensi:

http://rafaelvitos.blogspot.com/2013/04/cerita-pendek-asal-mula-danau-toba.html
Sumber Gambar : http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Toba

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cerita Asal Usul danau toba dalam bahasa inggris dan terjemahannya"