Home » , » 5 Materi Grammar yang Sering Diujikan dalam Tes TOEFL

5 Materi Grammar yang Sering Diujikan dalam Tes TOEFL


Halo sobat pembaca, kembali lagi untuk berbagi seputar materi bahasa inggris, kali ini mengenai materi grammar yang sering diujikan pada tes toefl.

Grammar atau tata bahasa di ujikan pada bagian Structure dan written expression dalam tes TOEFL. Seperti yang sudah di jelaskan pada tulisan sebelaumnya bahwa tes TOEFL umumnya terdiri dari 3 bagia yang salah satunya Structure dan written expression, Ini dimaksutkan untuk mengetahui kompetensi Anda data bahasa inggris (grammar).

Tata bahasa (grammar) yang ruang lingkupnya tidak terbatas. Namun berdasarkan pengamatan pada tes-tes TOEFL yang pernah diadakan, secara umum terdapat kecenderungan-kecenderungan yang dikeluarkan berupa soal dari materi-materi tertentu. Untuk persiapan mengikuti tes TOEFL khusus untuk soal Structure dan written expression, lebih baik fokus mempelajari materi-materi tersebut, sehingga belajar tidak mengambang dan tidak menghabis-habiskan waktu, jika sudah merasa paham barulah menambah dengan materi-materi lain.  

Berikut ini adalah Materi Grammar yang Sering Diujikan dalam Tes TOEFL

1. Main Verb
Semua kalima dalam bahasa inggris harus memiliki main verb (kata kerja utama) dan subjek.
Contoh :
A: An advance country with an indicator of high rate of productivity (SALAH)
B: An Advance country has an indicator of high rate of high rate of productivity (BENAR)
Jawaban A : Salah, karena tidak memiliki Main Verb, kalimat tersebut hanyalah satu frasa yang artinya : Satu Negara Maju Dengan Satu Indikator dari Tingkat Produktifitas yang tinggi
Jawab B : Benar, Main Verb nya adalah Has (Memiliki), arti kalimat : Satu Negara Maju Memiliki Satu Indikator dari Tingkat Produktifitas yang tinggi

2. Infinitive
Infinitive adalah kata kerja (Verb) yang bila diikuti verb lain memerlukan bentuk infinitive sebagai pelengkapnya,kata-kata kerja tersebut diantaranya yaitu :
Want   Beg     Mean  Propose  Allow         Intend Urge   Require Advice        Need  Decide Tell/teach  Hope  Invite  Ask     Expect  Support
Struktur dari Verb diatas :
Verb + To + V 1
Contoh Kalimat : I Want To Say  That I Love You

3. Gerund (-ing Form)
Kata-kata kerja (verb) yang bila di ikuti oleh verb lain, verb yang mengikuti haruslah berbentuk V-ing. Kata-kata kerja tersebut diantaranya :
Finish    Fancy  forgive    Mind      Admait    Appreciate  Denay Delay   Detest  Resist Risk Concider Continue  Keep  Enjoy  Excuse  Postpone  Practise  Pardon   Prevent  Undertand.Aviod   Anticipate  Avoid   Neglect
Struktur dari Verb di :
Verb + Verb-ing
Contoh Kalimat :
The students have finised doing the exercises

Kalimat conditional disebut juga dengan kalimat pengandaian, digunakan untuk menyatakan sesuatu yang mungkin terjadi atau mungkin tidak terjadi seperti yang diharapkan. Teri dari 3 tipe dengan bentuk struktur :
Rumus Conditional Sentence Type 1
If + Subjek +V.1, S + Will + V.1
Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 1
If I prepare well for the test I will pass it .
Rumus Conditional Sentence Type 2
If + Subjek +V.2/Were +S + M2 + V.1
M2 (Modal bentuk 2) : Would,could
Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 2
 If I prepared well for the test, I should pass.
Rumus Conditional Sentence Type 3
If +  Subjek + Had + V3 +S+ M.2 + Have + V.3

Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 3
      If I had prepared well for the test, I should have passed.

4. Past Custom
Past Custom adalah kebiasaan yang terjadi di masa lampau dan sekarang sudah tidak terjadi lagi. Biasanya menggunakan “Used To”
Strukturnya sebagai berikut :
S + Used to + V
Atau
S + Used to + V-ing
Contoh Kalimat :
He used to study at USA before he worked here



Demikianlah beberapa Materi Grammar yang Sering Diujikan dalam Tes TOEFL, baru 5 materi dan masih ada 5 lagi yang akan di jelaskan pada tulisan berikut….

Sumber : 34 Kunci Sukses Menaklukkan TOEFL (Penulis: Irham Ali Saifudin)
Bahasa Inggris

0 komentar:

Post a Comment