Strategi Cara Menjawab Soal Structure dan Written Expression Tes TOEFL

Strategi Cara Menjawab Soal Structure dan Written Expression Tes TOEFL
Structure and Written Expression adalah bagian kedua yang diujikan dalam tes TOEFL. Ini dimaksutkan untuk mengetahui kompetensi Anda data bahasa inggris. Pertanyaan yang diujikan dibagi kedalam dua model yaitu structure question dan written expression question. Durasi waktu yan disediakan hanya selama 25 menit. structure question digunakan untuk menguji kemampuan Anda dalam memahami struktur kalimat dalam bahasa inggris dengan benar. Pada model ini menggunakan format sentence completion yaitu melengkapi bagian kalimat yang masih kosong. Sedangkan written expression question Anda diminta mengidentifikasi bagian yang tidak tepat dalam suatu kalimat.

Dari bagian Structure and Written Expression, terbilang bagian soal yang lebih mudah dari bagian yang lain dari Tes TOEFL yaitu Listening dan Reading Comprehension. Untuk Strategi Cara Menjawab Soal Listening sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Karena Structure and Written soalnya tidak terlalu rumit, hanya mengisi bagian kalimat yang kosong dan mengidentifikasi kalimat yang salah. Walaupun demikian tidak bisa dianggap enteng juga karena pertanyaan-pertanyaan bisa menjebak dan jika tidak mempelajarinya sebelum-sebelum tes bisa jadi tidak mengetahui jawabannya sama sekali.

 Untuk  mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL khususnya menyelesaikan soal Structure and Written Expression pada tes tersebut, berikut adalah beberapa strategi yang bisa dicoba :
Strategi Umum
1. Pahamilah bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari H
2. Kerjakanlah soal-soal structure terlebih dahulu
3. Lanjutkan pada soal-soal Written Expression

Strategi Khusus
Cara Menjawab Soal Structure
4. Pertama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal
Ingat tujuan dari soal-soal structure adalah mengetahui atau menentukan kawaban apa yang paliing tepat untuk melengkapi kekurangan soal. Sehingga dengan mengamati secara cermat akan mengatahui kekurangan dan apa yang dibutuhkan untuk melengkapinya. Disini Anda perlu melakukan identifikasi terhadap komponen kalimat. Yaitu, mana yang merupakan subjek (kata benda), prediket (kata kerja), objek (kata benda), kata keterangan, dan seterusnya

5. Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihlah yang paling tepat untuk melengkapi kaliamat yang dipersoalkan
Anda harus memperhatikan masing-masing jawaban pada pilihan jawaban (A), (B), (C), dan (D). Dengan melihat dengan seksama Anda akan segera mengetahui pilihan mana yang tepat untuk mengisi kekurangan dalam kalimat yang ditanyakan.
Tentu saja Anda perlu untuk membekali diri dengan kemampuan grammar yang memadai. Jadis angat dianjurkan mempelajari buku-buku grammar

6. Jangan pernah mengeliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal
Secara umum, masing-maing pilihan jawaban adalah benarnya bila ia berdiri sendiri.Sebuah pilihan jawaban akan diketahui benar atau salah setelah dimasukkan kedalam kalimat.

Cara Menjawab Soal Written Expression
7. Pertama-tama perhatikan kata atau kelompok kata yang digaris bawahi dan temukan secara cepat bagian yangtidak tepat.
Sebagian soal pada bagian ini bisa diidentifikasi dengan hanya melihat kata atau kelompok kata
Contoh :
The final class presentation is the importantest
Tanpa membaca kalimat secara lengkap dengan hanya melihat yang bergaris bawah, Anda bisa mengidentifikasi mana yang tidak tepat :
Jawabannya adalah importantest karena bentuk superlative dari Important bukan importantest melainkan most important

8. Bila soal yang Anda hadapi tidak bisa diidentifikasi dengan hanya melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.


Ya begitulah beberapa strategi yang bisa digunakan untuk mempermudah Anda dalam menjawab soal Soal Structure dan Written Expression Tes TOEFL. Semoga bermanfaat, dengan mengetahui beberapa cara ini, anda bisa memulai beralatih mengerjakan soal-soal toefl khususnya structure and witterexpressin.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Strategi Cara Menjawab Soal Structure dan Written Expression Tes TOEFL"

  1. thanks for your information :D

    ReplyDelete
  2. Persiapan UAS bhs inggris toefl nih, Thanks to info, :) kunjungi balik blog saya http://nisfianisti.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. thanks buat persiapan USM

    ReplyDelete
  4. thanks buat persiapan USM

    ReplyDelete