Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri-Bagi orang yang ingin memiliki kemampuan bahasa inggris yang bagus, hanya belajar di sekolah atau di tempat kursus tidaklah cukup, durasi waktu belajar sangat singkat. Bahasa bukanlah “Pengetahuan” melainkan “Keterampilan” jadi dibutuhkan kemauan untuk belajar dan berlatih sendiri diluar waktu belajar di sekolah atau di tempat kursus.

Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri yang Mudah Dilakukan

Banyak orang yang sudah menghabiskan waktu berbulan, bahkan tahun belajar bahasa inggris di Sekolah dan ditambah tempat kursus, tapi kemampuan bahasa inggris mereka tidak sesuai harapan. Sebenarnya kesalahan bukan 100% karena siswa tidak memiliki kemampuan, tapi sistem dan metode belajarnya lah yang berperan besar membuat kondisi ini terjadi. 

Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri


Sistim pembelajaran bahasa inggris yang umumnya kebanyakan dilakukan oleh sekolah-sekolah dan tempat kursus di Indonesia adalah belajar grammar dan text book, yang itu sangat tidak efektif (akan di bahasa di artikel berikutnya). Dari pada frustasi belajar bahasa inggris di sekolah dan ditempat kursus tidak memberikan kemajuan, lebih baik belajar bahasa inggris sendiri. Berikut ini ada beberapa Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri yang dapat anda lakukan:

1.Gunakan metode Mendengarkan dan Menjawab Cerita Singkat (Listen and Answer Min Story)

Perlu ditekankan metode ini bukan Mendengar dan Mengulang (Listen and Repeat) seperti yang biasa digunakan pada sistem belajar bahasa Inggris Diindonesia. Contoh belajar mendengar dan mengulang,suatu mendengarkan percakapan berbahasa inggris dari kaset, kemudian kita mengulangi apa yang kita dengar, dan itu tidaklah cukup karena hanya mengkopi pembicaraan.

Dengan mendengar dan menjawab (Pertanyaan dari cerita) kita harus berpikir berpikir dan harus menjawab dengan cepat.

Bagaimana Bentuk Listen and Answer Mini Story?

Mini story yang digunakan dalam metode belajar ini adala berupa Rekaman cerita mini (singkat) yang diselingi banyak pertanyaan mudah,namun konstan, secara cepat. Sehingga tidak punya waktu untuk memikirkan grammar. Dengan demikian melatih untuk berbicara, cepat dan otomatis.

Untuk membuat Listen And Answer Mini Story yang sebenarnya kita butuh bantuan seorang tutor orang inggris asli (Native Tutor), untuk membuat sebuah rekaman cerita mini yang diselingi banyak pertanyaan. Cerita mini inilah yang harus kita dengar setiap hari.


2. Jangan Fokus Belajar Aturan Grammar

Pada sisitem belajar bahasa inggris yang sering digunakan di negara kita belajar grammar adalah satu sangat penting ketika memperlajari bahasa inggris. Setiap kali masuk kelas bahasa inggris pasti ada belajar aturan Grammar terutama aturan Tenses Siswa diharuskan menghapal  begitu banyak tenses. Walaupun sudah merasa hapal dan paham, kebanyakan kita akan gagap atau tebata-bata menggunakannya dalam percakapan, apalagi lawan bicara kita orang asing.

Terlalu fokus belajar gramma akan membuat kemampuan/skill berbicara dalam bahasa Inggris tidak berkembang. Terlalu banyak terfokus belajar grammar, membuat setiap kali berbicara harus lama berpikir, memikirkan aturan grammanya sehingga akan terdengar tidak natural, malah kebanyak birbicara menjadi terbata-bata.


3. Gunakan metode Mendengar (Listening)

Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri yaitu dengan metode mendengarkan atau listening. Untuk paham bahasa inggris kita harus banyak mendengar. Berhentilah membaca Test Book (Buku pelajaran bahasa inggris) karena materi-materi yang ada dalam buku pelajaran sebenarnya sangat jarang digunakan dalam percarakapan sehari-hari dan mulailah mendengar apapun yang disampaikan dalam bahasa inggris. Belajarlah dengan telinga bukan dengan mata. Mendengarlah bahasa inggris 1-3 jam setiap hari. 

4. Belajar Secara Mendalam

Untuk bisa berbicara dalam bahasa inggris secara mudah haruslah belajar secara mendalam. Pelajari tiap kata, tiap frase secara mendalam agar benar-benar tersimpan dalam ingatan, tidak hanya mengerti/mengingat arti atau belajar hanya untuk ujian. Belajar secara cepat hanya membuat kita cepat lupa apa yang telah dipelajari.

5.Dengarkan Cerita Pendek yang Sama yang Disampaikan dengan Waktu  (Tenses) yang Berbeda (Point Of View Stories)  

Meskipun pada tips no 2  dinyatakan agar jangan terlalu fokus belajar grammar, tetapi  bagi yang ingin memiliki kemampuan bahasa inggris yang bagus, harus tetap mampu menggunakan grammar yang benar.

Caranya adalah Belajar grammar secara natural.
Caranya grammarnya dengan mendengar satu cerita pendek yang sama yang disampaikan dengan menggunakan waktu (tense) yang berbeda-beda, cerita ini dinamakan Point Of View Stories.

Contoh: Pertama mendengar cerita yang menggunakan Present Tense Setiap hari, Setelah setelah benar-benar paham dan melekat diingatan, mendengar cerita yang sama lagi tapi yang menggunakan Past Tense (Begitu seterusnya menggunakan tenses yang berbeda).


Cara membuat Point Of View Stories

Carilah cerita/artikel pendek dalam Present Tense, kemudian mintalah tutor orang inggris asli untuk menulisnya kebali dengan waktu (tenses) yang berbeda (Ex: Past Tense, Future Tense, Perfect Tense), dan kemudian mintalah dia membaca dan merekamnya.

6.Belajarlah Bahasa Inggris yang Sebenarnya Bukan Bahasa Inggris Text Book

Maksud dari Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri ini, Belajar Bahasa Inggris yang sebenarnya, adalah belajar bahasa inggris yang selalau digunakan dalam kehidupan sehari hari bukan belajar Text Book (berdasarkan buku)
Untuk dapat paham apa yang orang inggris sampaikan/katakana, maka kita harus melakukan apa yang biasa mereka lakukan. Mendengarkan apa yang biasa mereka dengan, menonton apa yang mereka biasa tonton, membaca apa yang biasa mereka baca.

Demikianlah informasi mengenai 
Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri, Bagi sobat yang ingin cepat mahir bahasa inggris, saya ada rekomendasi nih Kursus Bahasa Inggris Online yang bagus, Kursus Bahasa Inggris Online Cepat Bersertifikat dan Bergaransi, Sistem kursu ini Full Conversation tanpa Belajar Grammar. Kunjungi websitenya==> KLIK DISINI

Semoga bermanfaat.............

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri"

  1. Wow... sebenarnya tidak sulit belajar bahasa inggris.. asal kita bersungguh - sungguh ingin bisa . maka akan bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups benar...Asal mau bersungguh2 pasti bisa..

      Delete
  2. Nyimak sob, ditunggu Kunjungan Balik ke blog saya ya

    ReplyDelete
  3. sambil nyimak, belajar bahasa inggris

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Bener banget nih artikel. Gw belajar persis kaya gitu, cuma dulu make lagu aja awalnya. Baru tahun lalu gw belajar bener2 di squline.com gr2 ditawarin free trial. Bener sih nggak perlu belajar terlalu fokus ke grammar, gak gitu kepake. Temen-temen bule gw aja kalo ngomong rada blepotan. >,>

    ReplyDelete