Home » » Future Continuous Tense: Pengertian dan Rumus

Future Continuous Tense: Pengertian dan Rumus


Future Continuous Tense adalah satu dari sekian banyak bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang sering digunakan baik secara verbal maupun non-verbal. Karakteristik dari bentuk kata kerja ini bisa dilihat dari frasa waktunya misalnya at this time tomorrow yang berarti “pada waktu ini besok”; at six tomorrow morning yang berarti pada jam 6 besok pagi; atau at this time next year yang berarti pada saat ini tahun depan.

Future Continuous Tense: Pengertian dan Rumus
 

Pengertian
Kalimat dalam bentuk kata kerja ini digunakan untuk menandakan bahwa subjek dalam kalimat sedang melakukan aksi yang sedang terjadi dalam satu waktu tertentu, di masa depan. Itu kenapa bentuk kataa kerja ini juga disebut sebagai Present Future Continuous. Ada dua kata kerja yang sering dipakai di bentuk ini, yaitu “going to” dan “will”. Kedua kata ini mempunyai arti dan konteks yang setara dan bisa saling menggantikan.

Kapan Digunakan?
Selain digunakan untuk menandakan aksi di masa depan yang sedang berlangsung, bentuk kata kerja ini juga menandakan hal yang tidak terjadi atau mungkin terjadi antara masa ini dan masa depan. Bentuk kata kerja ini digunakan untuk ‘menduga’. Contoh kalimatnya adalah Dita won’t be sleeping now, yang berarti ‘Saya pikir Dita tidak akan tidur sekarang’. Penggunaan lain bentuk kata kerja ini adalah untuk menandakan aksi di masa depan yang sedang berlangsung. Bagi anda yang ingin mengutarakan niat anda kepada seseorang, bentuk kata kerja ini dapat digunakan. Pertanyaannya bersifat formal dan sopan, seperti contoh berikut ini: Will you be coming home? Yang berarti ‘Akankah kamu datang ke rumah?’ Bentuk kata ini sebenarnya berupa harapan agar kamu datang ke rumah.

Rumus
Rumus secara umum untuk membentuk bentuk kata kerja ini adalah dengan auxiliary verb yaitu will dan be, dikombinasikan dengan present participle atau kata kerja+ -ing. Perhatikan kata kerja yang digunakan. Hanya dynamic verb yang mempunyai bentuk continuous, sebaliknya stative verb tidak mempunyai bentuk ini.

Untuk pola yang pertama adalah pola yang positif. Ini dibedakan menjadi dua pola berdasarkan subyeknya. Untuk “I” dan “We”, rumus yang dipakai adalah Subyek + shall + be +V1 + ing. Sedangkan untuk subyek “He”, “She”, “It”, “You”, dan “They”, pola yang dipakai adalah Subyek + will + be + V1 + ing.


Untuk pola negatif, polanya sama dengan pola positif, tapi sesudah “shall” dan “will” tambahkan kata “not” untuk menandakan bahwa itu adalah kalimat negatif. Untuk kalimat tanya rumusnya adalah Shall + Subyek + be + V1 + ing? Pola lain adalah Will + Subyek + be + V1 + ing? Ini adalah beberapa contoh Future Continuous Tense. BACA:  16 Tenses lengkap
Bahasa Inggris

0 komentar:

Post a Comment