Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation

Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation—Orang yang sudah belajar bahasa inggris bertahun-tahun di sekolah dan mungkin ditambah dengan belajar di tempat kursus, meskipun pada setiap tes mendapat nilai bagus, tetapi jika saat Convesation (percakapan) dalam kehidupan sehari-hari masih gelagapan, pasti merasa kemampuan bahasa inggris masih jelek. Kondisi pasti membuat kesal, bahkan mungkin frustasi.

Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation yang Mudah dilakukan

Walaupun sistem pembelajaran bahasa inggris tidak hanya mengembangkan kemampuan berbicara, masih ada kemampuan lainnya seperti kemampuan menulis (writing), reading (membaca), dan Mendengar (Listening). Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa dalam kehidupan sehari-hari yang sering digunakan adalah berbicara. Kemampuan ini terutama dilihat sewaktu melakukan conversation (perackapan) atau berbicara dengan orang dalam bahasa Inggris. Bagi yang merasa kemampuan berbicara (speaking) bahasa inggris masih tidak memuaskan beberapa Tips Cara Cepat untuk Belajar Bahasa Inggris Conversation.
Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation

1.Gunakan metode Mendengarkan dan Menjawab Cerita Singkat 
Metode sebut dengan istilah Listen and Answer Mini Story. Perlu ditekankan metode ini bukan  Mendengar dan Mengulang (Listen and Repeat).

Motode belajar bahasa inggris yang sering kita dapatkan selama ini adalah Mendengar dan Mengulang (Listen and repeat), contohnya belajar dari kaset, kita mengulangi apa yang kita dengar, dan itu sebenarnya tidaklah cukup karena hanya mengopi pembicaraan. Tidak beberapa lama percakapan itupun akan hilang dari ingatan. Berbeda dengan mendengar dan menjawab (Pertanyaan dari cerita) kita harus berpikir berpikir dan harus menjawab dengan cepat. Jika melakukan cara ini secara rutin selama 4 bulan, kemampuan berbicara meningkat, mampu berbicara dengan cepat, mudah dan otomatis.

Bagi teman-teman yang masih belum tahu, bentuk pembelajaran Listen and Answer Mini Story, belajar menggunakan Rekaman cerita mini (singkat) yang diselingi banyak pertanyaan mudah,namun konstan, secara cepat. Sehingga tidak punya waktu untuk memikirkan grammar.

Membuat Listen And Answer Mini Story yang sebenarnya kita butuh bantuan seorang tutor orang inggris asli (Native Tutor), untuk membuat sebuah rekaman cerita mini yang diselingi banyak pertanyaan. Cerita mini inilah yang harus kita dengar setiap hari.


2. Berhentilah Belajar Aturan Grammar
Sistem belajar bahasa inggris yang selama ini kita gunakan terfokus pada belajar graam. Setiap kali masuk kelas bahasa inggris pasti banyak materinya belajar aturan Grammar terutama aturan Tenses. Murid diharuskan menghapal  begitu banyak tenses. Walaupun sudah merasa hapal dan paham, kebanyakan kita akan gagap atau tebata-bata menggunakannya dalam percakapan, apalagi lawan bicara kita orang asing. Itu terjadi karena belajar grammar membuat kita selalu memikirkan aturan ketika melakukan percakapan. Sedangkan yang kita inginkan dalam belajar pasti ingin mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari secala lancar dan natural.

3. Gunakanlah metode Mendengar (Listening)
Untuk paham bahasa inggris dan memiliki kemampuan berbicara yang bagus kita harus banyak mendengar. Berhentilah membaca Test Book (Buku pelajaran bahasa inggris) karena materi-materi yang ada dalam buku pelajaran sebenarnya sangat jarang digunakan dalam percarakapan sehari-hari dan mulailah mendengar apapun yang disampaikan dalam bahasa inggris. Belajarlah dengan telinga bukan dengan mata. Mendengarlah bahasa inggris 1-3 jam setiap hari. 

4. Pelajari Materi Secara Mendalam
Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation yang ke empat ini dengan belajar secara mendalam. Belajarlah secara mendalam  untuk dapat bicara dengan mudah. Setiap kata, tiap frase haruslah dipelajari secara mendalam agar benar-benar tersimpan dalam ingatan, tidak hanya mengerti/mengingat arti atau belajar hanya untuk ujian. Belajar secara cepat hanya membuat kita cepat lupa apa yang telah dipelajari.

Bagai mana belajar secara mendalam, caranya pelajari/mendengar tiap materi banyak kali. Apa bila punya audio book pelajari 3X sehari selama 10 hari.

5.Dengarkan Cerita Pendek yang Sama, Namun Disampaikan dengan Waktu  (Tenses) yang Berbeda  
Walaupun pada poin 2 jangan belajar aturan grammar, walaupun demikian kita tetap harus mampu menggunakan grammar yang benar.

Jadi bagai mana caranya?
Caranya adalah Belajar grammar secara natural bukan hapalan.
Caranya mendengar satu cerita pendek yang sama yang disampaikan dengan menggunakan waktu (tense) yang berbeda-beda, cerita ini dinamakan Point Of View Stories.

Contoh: Pertama mendengar cerita yang menggunakan Present Tense Setiap hari, Setelah setelah benar-benar paham dan melekat diingatan, mendengar cerita yang sama lagi tapi yang menggunakan Past Tense (Begitu seterusnya menggunakan tenses yang berbeda).

Cara membuat Point Of View Stories
Carilah cerita/artikel pendek dalam Present Tense, kemudian mintalah tutor orang inggris asli untuk menulisnya kebali dengan waktu (tenses) yang berbeda (Ex: Past Tense, Future Tense, Perfect Tense), dan kemudian mintalah dia membaca dan merekamnya.

6.Belajarlah Bahasa Inggris yang Sebenarnya
Terakhir Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation, Maksut dari Belajar Bahasa Inggris yang sebenarnya adalah belajar bahasa inggris yang selalau digunakan dalam kehidupan sehari hari bukana belajar Text Book (berdasarkan buku)

Untuk dapat paham apa yang orang inggris sampaikan/katakana, maka kita harus melakukan apa yang biasa mereka lakukan. Mendengarkan apa yang biasa mereka dengan, menonton apa yang mereka biasa tonton, membaca apa yang biasa mereka baca.

Untuk dapat berbicara/paham dengan apa yang dibicarakan dalam bahasa inggris harus mendengar,sesuai dengan atauran untuk berbicara dengan mudah harus banyak mendengar.Maka dari itu dengarkan hanya bahasa inggris yang sebenarnya, tv, radio, film, radio talk show, audio book, audio article berbahasa inggris.

Bagi sobat yang ingin cepat mahir bahasa inggris conversation, saya ada rekomendasi nih Kursus Bahasa Inggris Online yang bagus, Kursus Bahasa Inggris Online Cepat Bersertifikat dan Bergaransi, metode kursus ini Full Conversation tanpa Belajar Grammar. Kunjungi websitenya==> KLIK DISINI

Demikianlah Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation"

  1. Menjadi Master Grammar dalam 7 hari http://goo.gl/YySP2K

    ReplyDelete
  2. Yup bener nih artikel ya. Dulu gw belajar gak pusingin grammar. Memang lbih cepet bisa sih, tapi ya grammarnya brantakan aja. Kalo ngobrol sama bule mah nyambung aja, tapi begitu ngomong sama client gw dikomen sama dia dulu gw belajar drmana.. Ketolong aja taon 2015 temen gw nawarin ikut free trialnya si squline.com, kalo nggak mah grammar gw sampe detik ini masih capcay fuyunghay hehe.. Tapi serius guys, belajar pas awal ikutin hobi aja, hobi lu ngpain ya belajar aja pake itu. Tar kalo udah biasa baru fokus benerin grammar. Itu cara gw yang gw pake n efektif kok :D

    ReplyDelete
  3. menurut saya informasi diwebsite ini sangat menarik apabila anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara berbicara bahasa inggris umum silahkan kunjungi website di bawah ini
    http://gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete
  4. terimakasih infonya sangat bermanfaat,jangan lupa kunjungi balik website kami http://bit.ly/2wDDymQ

    ReplyDelete