3 Media Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Ampuh

Apa itu Media Pembelajaran Bahasa Inggris?

Untuk dapat berbahasa inggris secara lancar pastinya dibutuhkan adanya media pembelajaran bahasa inggris yang tepat. Untuk belajar bahasa inggris memerlukan sikap sabar, energi, serta kreativitas yang tinggi. Berhasil atau tidaknya pembelajaran bahasa inggris dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor baik itu secara linguistik ataupun tidak, yakni faktor siswa, pengajar, metode dan juga materi pembelajaran, serta media atau yang biasa disebut dengan alat bantu pembelajaran.

Alat bantu atau media pembelajaran bahasa inggris ini nyatanya sangat penting dalam membuat siswa merasa terbantu dengan konsep-konsep yang baru, baik dalam segi keterampilan ataupun kompetensi berbahasa inggris yang baik dan benar. Meskipun banyak sekali tipe-tipe media belajar yang digunakan oleh pengajar dalam kegiatan belajar-mengajar, namun pengajar diwajibkan untuk dapat memutuskan media mana yang efektif dan efisien untuk siswa mereka. Di bawah ini akan disebutkan beberapa tipe media atau alat bantu pembelajaran bahasa inggris yang telah terbukti ampuh untuk diaplikasikan. Check this out!

Alat Bantu atau Media Pembelajaran Bahasa Inggris
1. Papan tulis berwarna putih
Papan tulis yang mempunyai permukaan yang putih bersih dan mengkilap memiliki manfaat yang efektif. Untuk media ini, diperlukan beberapa tambahan alat seperti spidol khusus yang berwarna dan mudah untuk dihapus, disamping harus tebal.
Selain itu, Anda juga membutuhkan spons penghapus spidol yang berguna untuk membuat papan tulis menjadi bersih kembali. Di bagian awal mungkin Anda harus meningkatkan kemampuan dalam menulis secara horizontal.

2. Poster
Poster memiliki definisi alat untuk menggambarkan kondisi grafis suatu hal yang menimbulkan daya tarik yang kuat dengan cara mengkombinasikan gambar, huruf, dan juga seni grafis lainnya. Poster memiliki kegunaan sebagai penyampai pesan dan memberi sebuah deskripsi umum terhadap suatu kejadian atau fenomena. Nyatanya, poster dapat menimbulkan pengaruh yang besar terhadap pemahaman bahasa inggris para siswa di ruang kelas.

3. Flash card
Flash card merupakan kartu-kartu berukuran kecil yang memiliki gambar dan juga simbol. Sebagai media pembelajaran bahasa inggris, flash card berfungsi saat pelajaran Vocabulary dan juga Reading. Siswa diajarkan untuk menghubungkan gambar dengan kata yang bisa diaplikasikan dengan sebuah game ataupun memasangkan flash card ini.

Selain hal tersebut, flash card juga ternyata sangat bermanfaat untuk merangsang terjadinya sebuah forum diskusi kecil dalam sebuah kelompok. Flash card juga dapat digunakan dalam kegiatan berbagi informasi dan mengingatkan kembali para siswa dengan perbendaharaan kata yang dipunyainya. Sangat dianjurkan untuk menggabungkan flash card dengan media poster sehingga materi pembelajaran menjadi lebih mudah terserap dan meningkatkan kemampuan siswa.

Itulah 3 media pembelajaran bahasa inggris yang bisa diterapkan atau diaplikasikan untuk kegiatan pembelajaran bahasa inggris menjadi lebih mudah, efektif, dan juga efisien. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Media Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Ampuh"

Post a Comment