Cara Membuat Teks Narrative Bahasa Inggris

Teks Narrative Bahasa Inggris
Teks Narrative Bahasa Inggris merupakan jenis teks yang banyak digunakan dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris di banyak tingkat pendidikan. Penggunaan jenis teks ini memang memberikan manfaat besar bagi para siswa karena bisa membantu siswa dalam mengetahui dan memahami banyak kosa kata Bahasa Inggris. Untuk ke depannya, siswa mampu memahami berbagai tulisan berbahasa Inggris baik dalam jenis teks yang sama atau pun yang lainnya.

Teks narrative Bahasa Inggris terdapat dalam berbagai tulisan, terutama tulisan yang menceritakan tentang kehidupan seorang tokoh, sebuah tempat, dan lain sebagainya. Salah satu ciri dari sebuah teks naratif adalah teks tersebut tidak membuat bosan pembacanya karena unsur penggugah rasa ingin tahu yang terkandung di dalamnya. Jenis teks ini biasanya juga digunakan dalam Storytelling; seseorang menceritakan kembali sebuah cerita yang telah ia baca dengan gaya tertentu dalam bentuk teks naratif.

Pengertian Teks Narative dalam Bahasa Inggris
Sebagian orang mengatakan bahwa teks naratif merupakan teks yang dibuat dalam bentuk cerita imajinasi dengan tujuan untuk menghibur orang yang membaca atau mendengarnya. Jenis teks ini biasanya dibuat dengan latar cerita di masa yang telah lalu. Dengan begitu, teks naratif dibuat berdasarkan cerita imajinatif atau khayalan atau suatu kejadian nyata di masa lampau yang telah selesai.

Struktur Dalam Teks Narrative Bahasa Inggris
Untuk membuat sebuah teks narrative bahasa Inggris, Anda harus memahami tiga bagian atau struktur yang harus ada di dalam teks tersebut, antara lain;
-       Orientation; bagian ini merupakan bagian awal dalam teks narrative, yaitu bagian yang mengenalkan tokoh yang akan ada di dalam cerita, setingan waktu, serta tempat dimana cerita tersebut terjadi.
-       Complication; pada bagian ini cerita berlanjut dengan masalah yang dialami tokoh yang harus dipecahkan.
-       Resolution; dalam bagian ini, tokoh di dalam cerita sudah mulai mendapatkan jalan keluar untuk memecahkan masalah yang didapat di bagian Complication.
-       Coda; pada bagian ini tokoh mengalami perubahan dan setiap pembaca dapat memahami sebuah pelajaran yang tersirat di dalam cerita. 

Kaidah Penulisan Teks Narrative
Untuk dapat membuat teks narrative yang baik dan benar, Anda juga harus mematuhi beberapa kaidah yang harus ada di dalam teks, antara lain;
-       Kata kerja atau Action Verbyang digunakan harus berupa Past Tense.
-       Menggunakan kata benda atau Nouns tertentu untuk menuliskan kata ganti orang, benda, atau hewan di dalam cerita.
-       Biasanya menggunakan kata sifat atau adjectives yang membentuk frase, seperti; long blonde tail, small black nose, dan lain sebagainya.
-       Time Connectives dan Conjunctions yang digunakan untuk membuat setiap kejadian menjadi urut, seperti; before, after, then, soon, dll.
-       Menggunakan Kata Keterangan atau Frase kata keterangan (adverbs dan adverbial phrases) untuk menunjukkan lokasi terjadinya peristiwa, seperti; beneath the ocean, on the mountain, dll.

Dengan memahami unsur dan kaidahnya, sekarang Anda bisa mencoba membuat teks narrative Bahasa Inggris.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Teks Narrative Bahasa Inggris"

Post a Comment