Home » » Future Perfect Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh Kalimat

Future Perfect Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh Kalimat



Future Perfect Tense adalah bentuk kata kerja yang terdapat dalam tata bahasa Bahasa Inggris. Ada beberapa karakteristik yang ditunjukkan dari bentuk kata kerja ini. Keterangan waktu yang digunakan untuk bentuk kata kerja ini adalah next time, next week, next month, atau tomorrow. Bentuk ini kadang juga memakai keterangan waktu yang lebih spesifik, yang menunjukkan pagi, siang, malam, atau jam.

Pengertian dan Fungsi
Pengertian dari bentuk kata kerja ini adalah untuk menandakan bahwa suatu aksi akan sudah selesai pada satu waktu di masa depan. Namun, kejadian ini dilakukan di masa lalu. Bentuk kata kerja ini biasanya juga disebut sebagai Present Future Perfect Tense atau juga Future Perfect Simple Tense.

Fungsi dari bentuk kata kerja ini adalah untuk meyakinkan orang lain bahwa pekerjaan yang dilakukan akan sudah selesai di masa depan. Dengan kata lain bentuk kata kerja ini menunjukkan aksi yang sudah terjadi di masa depan. Contoh kalimatnya adalah: I will have graduated from college next year. Ini berarti bahwa ‘Aku akan sudah lulus dari perkuliahan tahun depan’. Dalam bentuk kata kerja ini walaupun subyeknya adalah ‘She’ dan ‘He’, kata kerja yang dipakai tetap ‘Have’ bukan ‘Has’, karena sebelum ‘Have’, kita memakai ‘Will’.

Fungsi lainnya adalah untuk menunjukkan bahwa satu aksi sudah selesai dilakukan saat kejadian lain terjadi. Biasanya akan ada dua frasa di kalimat bentuk kata kerja ini. Contoh kalimatnya adalah Will you have been there waiting for me before I come? Atau yang berarti ‘akankah kamu sudah di sana menungguku sebelum aku datang?’

Rumus
Secara umum ada tiga pola umum di bentuk kata kerja ini, bentuk positif, bentuk negatif, dan kalimat tanya. Rumus ini berlaku untuk semua bentuk subyek, dan yang dipakai tetap ‘Have’ bukan ‘Has’, karena ada kata ‘will’ yang dipakai setelah subyek.
Rumus kalimat positif adalah Subyek + will + have + V3 atau disebut juga kata kerja past participle. Contoh kalimat dari bentuk positif ini adalah Meriana will have eaten, yang berarti Meriana akan sudah makan.

Pola yang kedua adalah pola negatif. Polanya hampir sama dengan pola positif, yang membedakan adalah penggunaan kata ‘not’. Rumusnya adalah Subyek + will + not + have + V3/ past participle.
Contoh kalimatnya adalah Meriana will not have eaten. Untuk bentuk kata kerja nominal tambah kata ‘been’ setelah ‘have’, lalu diikuti oleh kata benda atau keterangan waktu.


Bentuk ketiga adalah bentuk kalimat tanya atau kalimat interogatif. Rumusnya adalah Will + Subyek + have + V3. Contoh kalimatnya adalah Will Meriana have eaten? Ini adalah rumus-rumus dan fungsi dari Future Perfect Tense.
Bahasa Inggris

0 komentar:

Post a Comment