Kiat-kiat Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri untuk Pemula

Ingin memiliki kemampuan bahasa inggris yang bagus untuk pemula atau baru belajar bahasa inggris memang perlu usaha yang ekstra. Cara cepat belajar bahasa inggris sendiri untuk pemula lebih berat dibanding yang sudah mempelajari bahasa inggris cukup lama.Banyak orang yang bahasa inggris cukup sulit, tidak bisa dipungkiri juga karena bahasa inggris bukan bahasa sehari-hari yang digunakan dinegara kita. Walaupun demikian halangan ini jangan membuat anda putus asa untuk belajar. Bahasa inggris sebenarnya sudah diajarkan disekolah, minimal sejak dari SLTP,jadi jika anda  sudah lulus SLTP dan mendapat pelajaran bahasa inggris, sebenarnya sudah memiliki modal untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris.  

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Satu kendala utama kesulitan seorang pemula dalam balajar bahasa inggris adalah keinginan tinggi tetapi untuk menjalani proses tidak bisa konsisten, paling hanya semangat diawalnya saja. Setelah berjalan beberapa waktu semangat belajar turun bahkan akhirnya tidak lagi belajar, dengan berbagai alasan bahasa inggris susah, tidak ada waktu belajar, dan lain sebagainya. Bahasa adalah keterampilan jadi tidak cukup anda hanya tahu, melainkan harus praktek dan terus menerus sampai anda dapat menguasainya tanpa harus berfikir istilahnya automatically without thinking, yah.

Tentu ada banyak kiat-kiat Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri, tetapi bagi anda yang benar-benar pemula kiat-kiat belajar yang harus anda ketahui untuk dipraktekkan sebaiknya yang dari dasar dahulu, beberapa kiat bahasa inggris :  

1.   Belajar Kosa Kata (Vocabulary)
Bahasa baik tulisan atau lisan terdiri dari kumpulan kalimat, sementara kalimat tersusun oleh kata-kata, maka dari itu kosa kata adalah satu hal yang palin penting dalam belajar bahasa. Untuk belajar kosa kata bahasa inggris jangan sampai anda menggunakan teknik yang salah seperti Menghapal. Cara ini sangat banyak diterapkan orang yang sedang belajar bahasa inggris, namun cara menghapal tidak efektif, karena tidak akan bertahan lama dalam ingatan.Belajar kosa kata lakukanlah secara alami seperti dengan mendengar atau membaca, tentunya untuk anda pemula materi yang didengar atau dibaca dari yang mudah dahulu seperti dongeng/ cerita anak-anak bila anda menemukan kosa akta baru anda harus mencari artinya dalam kamus, dan memahami kata tersebut secara mendalam, seperti bentuk lain dari kata tersebut, susunan dalam kalimat, dan mencoba menggunakan kalimat anda sendiri menggunakan kata tersebut dan diterapkan dalam keseharian.

2.   Pelajari Tata Bahasa (Grammar)
Tata Bahasa atau grammar merupakan aturan dalam penyusunan kalimat yang benar, peran grammar sangat penting dalam penerapan bahasa inggris terutama dalam bahasa inggris formal. Aturan grammar sangat banyak, tenses saja sudah berjumlah 16 belum lagi aturan lain, biasanya buku grammar tebal tidak ada yang tipis. Tetapi jangan jadikan belajar grammar penuh dengan banyak aturan ini menjadi penghambat anda untuk menguasai bahasa inggris. Untuk pemula pelajari grammar dasar dahulu, seperti simple present tense, past tense, dan future tense itu sudah cukup untuk membuat kalimat dan mulai menggunakan bahasa inggris.

3.   Latihan Mendengar (Listening)
Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri yang ketiga adalah Latihan mendengar (Listening). Menurut banyak pakar bahasa inggris, mendengar (listening) merupakan teknik belajar yang sangat efektif. Materi listening yang terbaik yang pembicaranya native speaker (pembicara asli) dengan listening ini anda bisa mengetahui cara pengucapan (pronunciation) yang benar dan cara belajar ini secara lami sehingga akan mudah .Materi Latihan listening bisa anda dapat dari radio, lagu atau tv yang berbahasa Inggris.

4.   Praktekkan dengan Berbicara (Speaking)
Belajar bahasa tanpa praktek akan sia-sia, meskipun anda merasa telah banyak menguasai vocabulary dan jua grammar, itu belum lah apa-apa jika anda tidak bisa berbicara dalam bahasa inggris dengan lancar, karena berbicara adalah praktek bahasa inggris yang akan sering anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Rekan atau pengajar bisa diajak untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Orang asing atau turis dari luar yang sering berkunjung ke Indonesia bisa menjadi partner mempraktekkan bahasa Inggris.Speaking menjadi bagian penting agar bisa menguasai bahasa Inggris. Jika jarang dipraktekkan dengan berbicara maka sulit menjadi ahli dalam bahasa Inggris. Karena salah satu inti dari bahasa Inggris adalah berbicara atau speaking.

Keempat kiat belajar bahasa inggris diatas harus berjalan seimbang. Upayakan disiplin dan latihan terus-menerus. Itulah kiat-kiat Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri untuk Pemula. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat-kiat Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri untuk Pemula"

Post a Comment