Home » » Tips dan Trik dalam Belajar Persiapan Tes TOEFL

Tips dan Trik dalam Belajar Persiapan Tes TOEFL

Belajar persiapan Tes TOEFL pasti dilakukan dilakukan oleh Anda yang ingin mendapatkan skor TOEFL yang tinggi. Memang pada dasarnya Tes TOEFL adalah tes kemampuan dasar Bahasa Inggris seseorang, namun tak ada salahnya mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebab nilai TOEFL yang baik di era globalisasi ini makin dibutuhkan. Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional menjadikan TOEFL sebagai standar. Dalam teknisnya, standar itu dipakai dalam proses rekruitmen pekerjaan maupun studi ke luar negeri.

Belajar Persiapan Tes TOEFL

Berawal dari hasil TOEFL yang bagus (lebih dari 500), Anda bisa dinilai siap untuk memahami teks berbahasa Inggris dengan baik ataupun berkomunikasi lewat Bahasa Inggris dengan cukup lancar. Oleh karena itu kami membuat tips dan trik belajar persiapan Tes TOEFL agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Belajar Persiapan Tes TOEFL dengan Memahami Apa itu Tes TOEFL

Trik mengerjakan Tes TOEFL yang paling mendasar, Anda harus memahami tetek bengek seputar TOEFL itu sendiri. Untuk belajar persiapan Tes TOEFL, mengenal seluk beluknya adalah penting. Tes TOEFL terdiri dari beberapa bagian. Yang pertama adalah Listening Comprehension yang berjumlah sebanyak 50 butir soal. Yang kedua adalah Structure and Writing Expression yang berjumlah sebanyak 40 butir soal. Dan yang ketiga adalah Reading Comprehension dengan soal sebanyak 50 butir soal. Masing-masing punya aturan main dan tingkat kesulitan sendiri-sendiri. Misal, pada bagian Listening Comprehension Anda harus fokus mendengarkan percakapan dan soal. Anda hanya disuguhi opsi jawaban, jadi jika Anda tak menyimak, Anda benar-benar tak tahu mana jawaban yang tepat.

Tips dan Trik Belajar Persiapan Tes TOEFL

Tips belajar persiapan Tes TOEFL kedua adalah melatih time management atau pengaturan waktu tes dengan efektif. Dengan banyaknya soal pada TEs TOEFL, perlu pengalokasian waktu atau pembagian waktu agar semua soal pada semua bagian tes bisa diselesaikan semua dengan baik. Bagi jumlah soal dengan total waktu, maka Anda akan dapat kalkulasi waktu mengerjakan per soal. Kerjakan dulu soal yang mudah, baru sisa waktu untuk mengerjakan yang sulit.

Trik selanjutnya, Anda bisa membuat catatan kecil atas percakapan sekaligus soal yang diperdengarkan pada peserta tes. Belajar persiapan Tes TOEFL model ini akan menguntungkan Anda jika belum terbiasa memahami satu percakapan panjang secara utuh. Bagian-bagian yang tak teringat akan gampang dibaca lagi. Tips keempat, perbanyak kosa kata Bahasa Inggris Anda dan juga pengucapannya. Ini untuk menghindari kejadian dimana Anda tak bisa menerka jawaban sebuah soal hanya karena pertanyaan tersusun dari kata-kata yang masih Asing untuk Anda.

Tips persiapan test toefl keempat adalah memperbanyak bacaan atau literature berbahasa Inggris. Jika ada kosa kata yang masih membingungkan, segera cari artinya di kamus Bahasa Inggris. Perhatikan grammar-nya, sebab soal tentang grammar akan banyak diberikan di bagian Structure and Writing Expression. Setelah terbiasa dengan referensi berbahasa Inggris, tips  belajar persiapan Tes TOEFL tahap selanjutnya adalah mencoba menulis opini, esai, atau sekedar catatan harian dengan Bahasa Inggris. Pakai kosa kata yang sudah akrab dan selalu perhatikan tanda bacanya.


Tips terakhir belajar persiapan Tes TOEFL adalah sering-sering lah mengikuti les persiapan Tes TOEFL dalam rangka mempraktekkan tips-tips di atas. Ini penting untuk mengukur seberapa siap dan seberapa jauh pencapaian nilai Anda sebelum nanti mengikuti Tes TOEFL yang sesungguhnya. Di sela-sela kegiatan itu, Anda bisa menyelinginya dengan mendengarkan lagu-lagu atau menonton film-film berbahasa Inggris. Ini juga kegiatan menyenangkan yang dapat membantu Anda dalam belajar persiapan Tes TOEFL.
Bahasa Inggris

0 komentar:

Post a Comment