Home » » Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Pasif Simple Present Tense

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Pasif Simple Present Tense

Sobat Pembaca update materi pelajaran di blog Belajar Bahasa Inggris Online kali ini adalah mengenai Kalimat Pasif Simple Present Tense. Beberapa waktu yang lalu sudah di ulas mengenai kalimat Simple Present Tense. Simple present tense sendiri adalah bentuk waktu dalam kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan atau kegiatan yang berlangsung/terjadi pada waktu sekarang dalam bentuk sederhana, kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang, kebiasaan sehari-hari, peristiwa atau perbuatan yang tidak ada kaitannya dengan waktu, dan untuk mengekspresikan kebenaran umum.

Kalimat pasif adalah kalimat yang subyeknya dikenai suatu perbuatan atau aktifitas.Jadi Pasif Simple Present Tense, merupakan kalimat Simple Present Tense yang subjeknya dikenai suatu perbuatan atau aktifitas. Dalam bahasa indonesia ciri-ciri kalimat pasif adalah kata kerjanya yang berawalan dengan “di-“ dan beberapa lagi memiliki awalan “ter-“ (tergantung pada konteks kalimat).

Rumus Kalimat Pasif Simple Present Tense : S + TO BE / BE + VERB 3
Dalam bentuk kalimat pasif, biasanya diikuti dengan frase “by”.

Contoh Kalimat Pasif Simple Present Tense:
-Fish is cooked by my mother at kitchen
-Book is bought by me
-House is cleaned by Housemaid
-Bread is eaten by Romy
-A Glass of milk is drunk by my young brother

Fungsi Kalimat Pasif Simple Present Tense sama saja dengan Simple Present Tense, karena perbedaannya hanya dalam bentuk kalimat saja.Kalimat pasif simple present tense juga dapat berfungsi :
1. Menyatakan suatu perbuatan yang menjadi kebiasaan atau yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu (Habitual Action), contohnya:
2. Menyatakan suatu kebenaran atau kenyataan umum, atau suatu kebenaran yang dianggap terjadi terus-mnerus (The General Truth), contohnya:
3. Untuk menyatakan suatu keadaan yang sedang berlangsung saat ini atau sekarang atau perbuatan yang merupakan suatu kebiasaan, contohnya:
4. Untuk menyatakan kebenaran umum tidak digunakan keterangan waktu, contohnya: Ice is cold.

Demikianlah sedikit materi pelajaran mengenai Kalimat Pasif Simple Present Tense dari Pengertian, Rumus, dan Contoh kalimatnya. Semoga dapat bermanfaat untuk membantu sobat pembaca dalam mempelajari kalimat simple present tense dalam bentuk pasifnya.

Bahasa Inggris

0 komentar:

Post a Comment