7 Aturan (Cara) untuk Lancar Berbicara dalam Bahasa Inggris, Berbicara Secara Cepat Tanpa Harus Berpikir



7 Aturan (Cara) untuk Lancar Berbicara dalam Bahasa Inggris—Materi mengenai cara lancar berbicara dalam bahasa inggris ini bersumber dari tutorial bahasa inggris yang dibuat oleh Mr. AJ Hoge pembuat Effortless English Teaching Sistem yang berjudul “7 Rules for Speak Excellent English” (7 aturan untuk berbicara dalam bahasa inggris yang bagus). Judul yang saya tulis agak berbeda dalam arti kata dengan judul asli bila di terjemahkan ke bahasa indonesia, namun dari maksut sebenarnya sama. Hal itu karenakan saya ingin membuat judul mudah diingat dan juga karena saya memang belum bisa menerjemahkan,hehehe.


Yuk langsung menuju materi saja.

7 Aturan (cara) untuk Lancar Berbicara dalam Bahasa Inggris
1.Gunakan metode Mendengarkan dan Menjawab Cerita Singkat (Listen and Answer Min Story) bukan  Mendengar dan Mengulang (Listen and Repeat).
Motode belajar bahasa inggris yang sering kita dapatkan selama ini adalah Mendengar dan Mengulang (Listen and repeat), misalnya kita setelah mendengarkan pembelajaran bahasa inggris dari kaset, kita mengulangi apa yang kita dengar, dan itu tidaklah cukup karena hanya mengkopi pembicaraan. Namun dengan mendengar dan menjawab (Pertanyaan dari cerita) kita harus berpikir berpikir dan harus menjawab dengan cepat. Jika melakukan cara ini secara rutin selama 4 bulan, kemampuan berbicara meningkat, mampu berbicara dengan cepat, mudah dan otomatis.

Lalu apa sebenarnya Listen and Answer Mini Story?
Rekaman cerita mini (singkat) yang diselingi banyak pertanyaan mudah,namun konstan, secara cepat. Sehingga tidak punya waktu untuk memikirkan grammar. Dengan demikian melatih untuk berbicara, cepat dan otomatis.
Bagai mana cara membuat:

Untuk membuat Listen And Answer Mini Story yang sebenarnya kita butuh bantuan seorang tutor orang inggris asli (Native Tutor), untuk membuat sebuah rekaman cerita mini yang diselingi banyak pertanyaan. Cerita mini inilah yang harus kita dengar setiap hari.

2. Berhenti Belajar Aturan Grammar
Setiap kali masuk kelas bahasa inggris pasti ada belajar aturan Grammar terutama aturan Tenses dan tata bahasanya. Kita diharuskan menghapal  begitu banyak tenses. Walaupun sudah merasa hapal dan paham, kebanyakan kita akan gagap atau tebata-bata menggunakannya dalam percakapan, apalagi lawan bicara kita orang asing. Itu terjadi karena belajar grammar membuat kita selalu memikirkan aturan ketika melakukan percakapan. Sedangkan yang kita inginkan dalam belajar pasti ingin mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari secala lancar dan natural.

3. Gunakan metode Mendengar (Listening)
Untuk paham bahasa inggris kita harus banyak mendengar. Berhentilah membaca Test Book (Buku pelajaran bahasa inggris) karena materi-materi yang ada dalam buku pelajaran sebenarnya sangat jarang digunakan dalam percarakapan sehari-hari dan mulailah mendengar apapun yang disampaikan dalam bahasa inggris. Belajarlah dengan telinga bukan dengan mata. Mendengarlah bahasa inggris 1-3 jam setiap hari. 

4. Belajar Secara Mendalam
Belajarlah secara mendalam  untuk dapat bicara dengan mudah. Pelajari tiap kata, tiap frase secara mendalam agar benar-benar tersimpan dalam ingatan, tidak hanya mengerti/mengingat arti atau belajar hanya untuk ujian. Belajar secara cepat hanya membuat kita cepat lupa apa yang telah dipelajari.

Bagai mana belajar secara mendalam, caranya pelajari/mendengar tiap materi banyak kali. Apa bila punya audio book pelajari 3X sehari selama 10 hari.

5.Dengarkan Cerita Pendek yang Sama yang Disampaikan dengan Waktu  (Tenses) yang Berbeda (Point Of View Stories)  
Diaturan 2  jangan belajar aturan grammar, walaupun demikian kita harus tetap mampu menggunakan grammar yang benar.

Lalu bagai mana caranya?
Belajar grammar secara natural.
Caranya mendengar satu cerita pendek yang sama yang disampaikan dengan menggunakan waktu (tense) yang berbeda-beda, cerita ini dinamakan Point Of View Stories.

Contoh: Pertama mendengar cerita yang menggunakan Present Tense Setiap hari, Setelah setelah benar-benar paham dan melekat diingatan, mendengar cerita yang sama lagi tapi yang menggunakan Past Tense (Begitu seterusnya menggunakan tenses yang berbeda).

Cara membuat Point Of View Stories
Carilah cerita/artikel pendek dalam Present Tense, kemudian mintalah tutor orang inggris asli untuk menulisnya kebali dengan waktu (tenses) yang berbeda (Ex: Past Tense, Future Tense, Perfect Tense), dan kemudian mintalah dia membaca dan merekamnya.

6.Belajarlah Bahasa Inggris yang Sebenarnya Bukan Bahasa Inggris Text Book (berdasarkan buku)
Apakah teman-teman belajar bahasa inggris lebih dari, namun masih bermasalah memahami perkataan orang inggris?
Sebenarnya kita tidak salah, yang salah adalah metode belajar yang kita gunakan selama ini yang hanya belajar bahasa inggris berdasarkan Buku (Text book English). Maka dari itu kita harus berlajar bahasa inggris yang sebenarnya bukan Text Book (walaupun yang disampaikan dalam Kaset atau CD).
Materi belajar berdasarkan buku,tidak sama dengan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk dapat paham apa yang orang inggris sampaikan/katakana, maka kita harus melakukan apa yang biasa mereka lakukan. Mendengarkan apa yang biasa mereka dengan, menonton apa yang mereka biasa tonton, membaca apa yang biasa mereka baca.

Untuk dapat berbicara/paham dengan apa yang dibicarakan dalam bahasa inggris harus mendengar , sesuai dengan atauran untuk berbicara dengan mudah harus banyak mendengar. Maka dari itu dengarkan hanya bahasa inggris yang sebenarnya,tv,radio,film, radio talk show, audio book, audio article berbahasa inggris.

7. Metode Mendengarkan dan Menjawab Cerita Singkat (Listen and Answer Mini Story) adalah cara yang mudah dan cepat untuk mampu berbicara dalam berbahasa inggris dengan mudah dan otomatis.
Sumber : http://effortlessenglish.com


Bagi yang ingin bisa segera lancar berbicara dalam bahasa inggris silahkan mencobanya semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian. Karena saya hanya mencoba membagikannya apa yang saya pelajari dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti.

Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "7 Aturan (Cara) untuk Lancar Berbicara dalam Bahasa Inggris, Berbicara Secara Cepat Tanpa Harus Berpikir"

  1. yang menurut saya jd masalah saya skrg ini,saya itu kl ngomong inggris malu dan takut salah saat ngucapinnya,takutnya diketawain lg pas salah ngomong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl masih di merasa seperti itu nggak akan bisa2 mahir bahasa inggris...Bahasa itu hanya alat komunikasi saja asal orang mengerti apa yang kita sampaikan (begitu sebaliknya) ya sudah,nggak perlu di pikirkan yang lain,,tancap saja...

      Delete
    2. kata katanya saya sudah hapal tapi tensisnya itu sangat membingungkan dan susah dihapal

      Delete
    3. @Ananda Advianta: Nggak usah pusing-pusing mikirin Tenses,,hajar aja ngomong bahasa inggrisnya asal orang yang kita aja ngomong ngerti ya sudah,bahasa kan hanya buat alat komunikasi You Understand I Understand That's all..

      Delete
  2. Very good, i'lj try this tips. Gan, visit my blog at http://www.early-es.blogspot.com
    thanks

    ReplyDelete
  3. thanks infonya, sy juga lagi belajar bahasa inggris. masih belepotan. hehe :D

    ReplyDelete
  4. cool! I'm making a website about english, please visit it http://firaamalia.byethost8.com thank you :)

    ReplyDelete
  5. sebenernya kita harus juga menghapal kosakata nya juga gak siii setiap hari ?

    ReplyDelete
  6. thanks for informatios brother.... it's so helpful.

    ReplyDelete
  7. Anda benar ..bayangkan anak balita gak bisa baca tapi cuma denger kata" kita dy bisa mengerti dan menjawabnya ..you're right and thumbs up for this

    ReplyDelete
  8. Great artikel. Good job. Me too not fluent in english. But every day i am always listen to akon songs. Coz that is helping you for learn english league. And i give a suggestion if you hard to learn or undersanding to what that someone speak to you. You gotta speak to him/her too. Dont stress or dont shy. Belive your self. Dont listen what somebody talk about you. Just pray and learn :)

    ReplyDelete
  9. Thank you very much,,,,info is good.....!!!!!!
    Sy jg lg belajar,mdh2an tulisan sy Ĝɑ̤̈к̲̮̲̅͡ slh......

    ReplyDelete
  10. I can't . . I'm so tired,
    help me please ! Where to start? :-D

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Thanks for sharing its really helpful. I agree with your method above, we can learning English language while we are watching movie or listening music. To be honest I'm learning English with that method. I really like west movies and west music. Isn't it so fun? we can enjoy the movie at once learn about the language. Its mean we can learning English everywhere and everytime.

    ReplyDelete
  13. bahasa inggris sudah mendunia tapi sya masih belum lancar juga mengucapkan inggris,, tq gan Metodenya jadi tau belajar b inggris dg cepat
    Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

    ReplyDelete
  14. Yth. Admin http://bahasainggris-jepang.blogspot.com

    salam kenal, saya sedang belajar bahasa inggris dan menemukan website ini.

    Kebetulan saya juga membuat website untuk membantu saya belajar bahasa inggris

    menarik sekali informasi yang anda sampaikan, :)

    Apakah ada info tentang cara mudah menghapal tenses atau cara sukses TOEFL? Jika ada, tolong di muat ya...

    ReplyDelete
  15. Pertama belajar dulu tuh aturan aturannya, kalo udah tau mulai chatting sama orang dengan bahasa inggris yang benar. Chatting dimana?dengan siapa? sekarang chatting gampang bro. Mau sama orang mana aja bisa banyak
    aplikasinya. Kalo udah bisa lancar merangkai kalimat buat chat tanpa mikir, pasti sedikit2 kita akan bisa merangkai kalimat untuk berbicara. Setelah itu belajar pronounciation vocabulary yang belum diketahui, karena bahasa inggris istilahnya juga banyak. Lalu mulai baca baca artikel berbahasa inggris dengan pronounciation yang benar (tapi yang disukai, misal sukanya sepakbola,musik,masakan dll supaya bukan hanya membaca dengan benar saja, tapi dapat mengerti apa yang dibaca). Kalo baca udah lancar insya allah bercakap-cakap juga lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bner bro.. stelah tau basic, cb bnyak nulis sesuatu pake bahasa inggris sekalian baca arikel bahasa inggris eg: novel ato komik bahasa inggris.. Kalo listening ujung² aj bro..

      Delete
  16. amazing gan artikelnya sangat membantu

    http://www.toyota.astra.co.id/connect/news/article/tips-lancar-mengemudi-saat-musim-hujan-dengan-tukar-ban-mobil-depan/

    ReplyDelete
  17. excuse , i wanna copy paste about your article .. thanks

    ReplyDelete
  18. This is a good artikel. Tapi lebih tepatnya saran sih bukan aturan ya hahaha intinya kuatin tekad, belajar langkah demi langkah. Jangan lupa gunakan hobi kita buat belajar bahasa apa pun itu bahasanya. Dulu gw belajar basic bahasa Inggris dari nonton film box office tanpa text dan dengerin lagu2 Top Billboard punya. Biasa lirik lagunya bagus-bagus artinya. Terakhir gw lancar gara2 ikut kelas gratisnya squline.com. Dia model les online gitu, awalnya gw ogah-ogahan gara2 uda sibuk kerja masa masih mau belajar lagi sih. Gak taunya dia belajarnya dengan cara kita ngobrol dengan guru native speaker itu. Ujungannya malah gw yang excited sndiri tiap pulang kerja ngobrol sama gurunya pake bahasa Inggris. Good stuff. Cobain deh pada. Kalo nggak juga banyak metode2 lain tapi klo buat gw pribadi sih ini cara paling efektif.

    ReplyDelete