Kalimat Simple Future Tense

Simple Future Tense atau lebih sering disebut dengan Future Tense saja adalah pola kalimat yang digunakan untuk menungkapkan peristiwa yang Akan Terjadi (Di Masa Depan) Sesuai dengan arti kata “future” yaitu masa depan. Future Tense dapat digunakan dalam banyak situasi, contoh ketika kita membuat janji, prediksi atau rencana. Dalam pola kalimat Future tense ditandai dengan penggunaan kata will/shall, atau be going to yang memiliki arti “AKAN”, dan masing-masing memiliki fungsinya sendiri.


Rumus dan Contoh Simple Future Tense

1. Kalimat Positif
Subject + will/shall + verb I + object
Subject + am/is/are + going to + verb I + object
Contoh :
I will visit Uncle’s house soon
I am going to meet ani toninght

2. Kalimat Negatif
Subject + will/shall + verb I + object
Subject + am/is/are + not + going to + verb I + object
Contoh :
I will not visit Uncle’s house soon
I am not going to meet ani tonight

3. Kalimat Pertanyaan
Will/shall + subject + verb I + object
Am/is/are + subject + going to + verb I + object
Contoh :
Will you visit Uncle’s house soon
Are You going to meet ani tonight

Catatan : Shall jarang digunakan. Bisanya Shall untuk Subject I dan We (I shall…, We shall….) dan tidak untuk yang lain. Tetapi lebih sering orang pakai I will.. dan We will.. Jadi untuk I dan We boleh pakai baik will atau shall. Sedangkan Subject yang lain seperti HE, SHE, IT, YOU, THEY, WE semuanya pakai Will.

Keterangan Waktu
Future Tense bicara “Akan” maka keterangan waktu berikut biasa ditambahkan: tomorrow, soon, tonight, next month, three days to go, next year dan segala sesatu yang menunjukkan “akan” tersebut.

Fungsi Simple Future Tense
1. Digunakan untuk mengungkapkan suatu kejadian yang akan terjadi. Konteks umum saja yang belum pasti terjadi. Menggunakan will/shall. Will ini lebih untuk menyebutkan detail tentang apa yang akan terjadi.
2. Digunakan untuk mengungkapkan suatu rencana. Selain itu, pola ini juga digunakan untuk kejadian yang akan datang, yang sudah pasti akan terjadi. Menggunakan : Be going to
She is going to party at the tuty’s house tomorrow night
3. Digunakan dalam mengungkapkan sesuatu yang akan terjadi di masa depan dengan bertitik tolak dari masa kini. Menggunakan : Be going to
Contoh :
It is seven already, we are going to be late. Terilihat bahwa dalam contoh itu, kita tahu bahwa kita akan terlambat karena melihat sudah jam 07.00
4. Dalam penggunaan sehari-hari dan percakapan umum(kegiatan non-formal), orang juga menggunakan gonna. Ini adalah bentuk sederhana dari be going to.Tapi ini sangat tidak disarankan untuk digunakan dalam konteks resmi (menulis dan percakapan formal).

I am going to have holiday. We will go to beach. Di contoh ini, rencana diungkapkan dengan pola be going to, lalu ketika menjelaskan detailnya, kita menggunakan will.

Sumber :

Demikianlah ulasan mengenai Kalimat Simple Future Tense semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalimat Simple Future Tense"

Post a Comment