Tes TOEFL (Test Of English As Foreign Language)

Tes TOEFL (Test Of English As Foreign Language)
Tes TOEFL (Test Of English As Foreign Language) adalah suatu tes yang telah diakui sebagai metode yang didesain secara khusus untuk tingkat kecakapan atau profisiensi mereka yang tidak menggunakan bahsa inggris sebagai bahasa ibu (non-native speaker). Semakin tinggi skor TOEFL seorang, maka otomatis semakin bagus jugalah kemampuan bahasa inggrisnya. Karena itu, kerja keras untuk penting dilakukan sebagai barometer usaha setiap orang untuk tampil sebagai indovodi yang mahir berbagai bahasa inggris pula.

Umumnya TOEFL digunakan sebagai persyaratan untuk studi keluar negeri terutama negara-negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. TOEFL biasanya juga menjadi persyaratan untuk melanjutkan studi S-2 dan S-3 di dalam negeri. Bahkan belakangan mahasiswa S1 pada berbagi universitas ternama di Indonesia juga diharuskan untuk memiliki skor TOEFL tertentu sebagai salah satu persyaratan kelulusan. Demikian pula TOEFL saat ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sabagai salah satu mekanisme recruitment jenjang kenaikan karir.

Jenis TOEFL dan Skornya
TOEFL terdirid ari dua jenis, yaitu Computer-Based Testing dan Paper-Based Testing. Model Computer-Based adalah ujian TOEFL yang menggunakan komputer. Skala penilaiannya antara 40-300. Sedangkan jenis paper-based adalah ujian TOEFL yang menggunakan kertas sebagai pengujiannya. Skor penilaian ini berada kisaran 217-677. Bentuk kedua inilah yang paling banyak dan lazim digunakan.

Batas nilai skor TOEFL yang dibutuhkan pada berbagai perguruan tinggi dan instansi lainnya berbeda satu sama lainnya. Sehingga berapapu skor TOEFL yang anda butuhkan akan sangat tergantung pada keperluan anda. 

Bentuk soal-soal tes TOEFL, dalam  TOEFL ada 4 bentuk soal yang diujikan :
Bagian ini digunakan untuk menguji kemampuan peserta menyimak pembicaraan atau bahasa lisan yang dilakukan dalam bahasa inggris. Para peserta diharapkan bisa menyimak setiap percakapan (baik dialog maupun monolog) yang berasal dari sebuah tape recorder.

Bagian ini digunakan untuk mengetahui kemampuan gramatikal peserta tes, termasuk di dalamnya gaya-gaya bahasa tulis dalam bahasa inggris. Pesera diharapkan memilih jawaban yang paling tepat untuk melengkapi sebuah kalimat dan juga harus menemukan kesalahan yang terdapat dalam sebuah kalimat

3. Reading Comprehension
Bagian ini ditujukan untuk mengetahui pemahaman peserta tes terhadap teks-teks tertulis dalam bahasa inggris. Secara umum, para peserta diharapkan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai arti, ide, informasi yang spesifik serta kosa kata tertetu yang terdapat dalam bacaan-bacaan yang diujikan.

4. Test Of English Written (TEW)
Bagian ini dikhususkan untuk mengetahui kemampuan peserta tes dalam melakukan tulis menulis dalam bahasa inggris. Dalam ujian ini peserta diberikan satu topic atau tema tertentu dan selanjutnya diminta untuk menulisakan ide mengenai tema tersebut.



Untuk soal TEW sangat jarang digunakan pada tes TOEFL, yang sering digunakan Listening Comprehension, Listening Comprehension, Reading Comprehension. Soal-soal tes TOEFL lebih sulit dari soal-soal yang biasa kita dapatkan saat saat ujian bahasa inggris ujian akhir sekolah atau ujian masuk perguruan tinggi, so jika mau lulus harus mempersiapkan jauh-jauh hari, bagi yang ingin belajar mempersiapkan diri untuk mengikuti tes toefl, di artikel-artikel sebelumnya Tips Cara Lulus Tes TOEFL sudah ada loh, semoga bermanfaat. 

Strategi Cara Menjawab Soal Structure dan Written Expression Tes TOEFL

Strategi Cara Menjawab Soal Structure dan Written Expression Tes TOEFL
Structure and Written Expression adalah bagian kedua yang diujikan dalam tes TOEFL. Ini dimaksutkan untuk mengetahui kompetensi Anda data bahasa inggris. Pertanyaan yang diujikan dibagi kedalam dua model yaitu structure question dan written expression question. Durasi waktu yan disediakan hanya selama 25 menit. structure question digunakan untuk menguji kemampuan Anda dalam memahami struktur kalimat dalam bahasa inggris dengan benar. Pada model ini menggunakan format sentence completion yaitu melengkapi bagian kalimat yang masih kosong. Sedangkan written expression question Anda diminta mengidentifikasi bagian yang tidak tepat dalam suatu kalimat.

Dari bagian Structure and Written Expression, terbilang bagian soal yang lebih mudah dari bagian yang lain dari Tes TOEFL yaitu Listening dan Reading Comprehension. Untuk Strategi Cara Menjawab Soal Listening sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Karena Structure and Written soalnya tidak terlalu rumit, hanya mengisi bagian kalimat yang kosong dan mengidentifikasi kalimat yang salah. Walaupun demikian tidak bisa dianggap enteng juga karena pertanyaan-pertanyaan bisa menjebak dan jika tidak mempelajarinya sebelum-sebelum tes bisa jadi tidak mengetahui jawabannya sama sekali.

 Untuk  mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL khususnya menyelesaikan soal Structure and Written Expression pada tes tersebut, berikut adalah beberapa strategi yang bisa dicoba :
Strategi Umum
1. Pahamilah bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari H
2. Kerjakanlah soal-soal structure terlebih dahulu
3. Lanjutkan pada soal-soal Written Expression

Strategi Khusus
Cara Menjawab Soal Structure
4. Pertama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal
Ingat tujuan dari soal-soal structure adalah mengetahui atau menentukan kawaban apa yang paliing tepat untuk melengkapi kekurangan soal. Sehingga dengan mengamati secara cermat akan mengatahui kekurangan dan apa yang dibutuhkan untuk melengkapinya. Disini Anda perlu melakukan identifikasi terhadap komponen kalimat. Yaitu, mana yang merupakan subjek (kata benda), prediket (kata kerja), objek (kata benda), kata keterangan, dan seterusnya

5. Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihlah yang paling tepat untuk melengkapi kaliamat yang dipersoalkan
Anda harus memperhatikan masing-masing jawaban pada pilihan jawaban (A), (B), (C), dan (D). Dengan melihat dengan seksama Anda akan segera mengetahui pilihan mana yang tepat untuk mengisi kekurangan dalam kalimat yang ditanyakan.
Tentu saja Anda perlu untuk membekali diri dengan kemampuan grammar yang memadai. Jadis angat dianjurkan mempelajari buku-buku grammar

6. Jangan pernah mengeliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal
Secara umum, masing-maing pilihan jawaban adalah benarnya bila ia berdiri sendiri.Sebuah pilihan jawaban akan diketahui benar atau salah setelah dimasukkan kedalam kalimat.

Cara Menjawab Soal Written Expression
7. Pertama-tama perhatikan kata atau kelompok kata yang digaris bawahi dan temukan secara cepat bagian yangtidak tepat.
Sebagian soal pada bagian ini bisa diidentifikasi dengan hanya melihat kata atau kelompok kata
Contoh :
The final class presentation is the importantest
Tanpa membaca kalimat secara lengkap dengan hanya melihat yang bergaris bawah, Anda bisa mengidentifikasi mana yang tidak tepat :
Jawabannya adalah importantest karena bentuk superlative dari Important bukan importantest melainkan most important

8. Bila soal yang Anda hadapi tidak bisa diidentifikasi dengan hanya melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.


Ya begitulah beberapa strategi yang bisa digunakan untuk mempermudah Anda dalam menjawab soal Soal Structure dan Written Expression Tes TOEFL. Semoga bermanfaat, dengan mengetahui beberapa cara ini, anda bisa memulai beralatih mengerjakan soal-soal toefl khususnya structure and witterexpressin.

Pengertian, Rumus, Dan Contoh Conditional Sentence Type 1, 2, 3

Conditional Sentence Type 1, 2, 3

Halo sobat pembaca, update materi belajar belajar bahasa inggris kali yaitu mengenai Conditional Sentence. Conditional sentence adalah satu kalimat kompleks yang terdiri  dari klausa dependent yang diawali dengan kata ”if” berupa condition (syarat) dan klausa independent berupa result/konsekwensi  (hasil) dari persyaratannya. Kalimat conditional disebut juga dengan kalimat pengandaian, digunakan untuk menyatakan sesuatu yang mungkin terjadi atau mungkin tidak terjadi seperti yang diharapkan. Secara umum Conditional Sentence Type 1, 2,3. Nah dibawah ini nanti akan ada pengertian, rumus dan contoh dari conditional sentence type 1,2,3

Pengertian Conditional Sentence Type 1
Conditional sentence type 1 adalah conditional sentence yang digunakan ketika result / consequence (hasil) dari condition (syarat) memiliki kemungkinan untuk terwujud di masa depan karena condition-nya realistik untuk dipenuhi.

Rumus Conditional Sentence Type 1
If + Subjek +V.1, S + Will + V.1

Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 1
If I prepare well for the test I will pass it .
Fakta:bersifat kemungkinan,probably,may be.

Pengertian Conditional Sentence Type 2
Conditional type 2 ini digunakan sebagai aplikasi kejadian masa sekarang atau present yang akan terjadi jika kondisi yang ada berbeda.

Rumus Conditional Sentence Type 2
If + Subjek +V.2/Were +S + M2 + V.1
M2 (Modal bentuk 2) : Would,could

Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 2
 If I prepared well for the test, I should pass.
Fact: I don’t pass the test
Fakta:berkebalikan dengan pernyataan memakai prediket present

Pengertian Conditional Sentence Type 3
Merukan aplikasi kejadian masa lampau atau simple past tense, kejadian yang harus sudah dipenuhi di masa lalu. Terkadang, di masa lampau kita mempunyai keinginan yang tidak dapat kita wujudkan. Lalu kita ingin bercerita kepada teman atau orang lain.

Rumus Conditional Sentence Type 3
If +  Subjek + Had + V3 +S+ M.2 + Have + V.3

Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 3
      If I had prepared well for the test, I should have passed.
Fact: I didn’t pass
            Fakta:berkebalikan dengan pernyataan prediket di ganti dengan past tense

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai pengertian, rumus dan contoh kalimat dari  Conditional Sentence Type 1, 2, 3 di gunakan sebagai kalimat pengandaian. Semoga bermanfaat ya.

Sumber Referensi :
http://poentodito.blogspot.com/2013/04/conditional-sentences-type-123.html

Rumus dan Contoh Kalimat Gerund


Hallo,,sobat Belajar Bahasa Inggris Online, udah lama ni nggak share materi belajar tentang tata bahasa (grammar). Materi belajar grammar terakhir mengenai Pasif Simple Present Tense. Jadi,,kali ini admin mau share tentang Gerund yaitu dari pengertian,fungsi, rumus serta contoh kalimat Gerund, Siapa tahu ada yang butuh buat belajar.  

Gerunds adalah suatu bentuk kata kerja (verb) yang ditambah suffix (akhiran) ing (verb + ing) yang berfungsi sebagai kata benda (noun). Dengan kata lain, gerund adalah kata kerja diubah menjadi kata benda dengan menambah akhiran-ing, atau kata benda yang dibentuk dari V-ing.

Dalam bahasa inggris GERUND memiliki beberapa fungsi:
1. SEBAGAI SUBJEK:      
      Rumus Kalimat : V-ING     +         P        +        C/O
      Contoh Kalimat: Swimming is better than running.
     
2. SEBAGAI KOMPLEMEN:  
      Gerund sebagai pelengkap subjek dalam kalimat biasanya selalu didahului tobe .
      Rumus : S        +       TO BE       +      V-ING
     Contoh  Kalimat : My best friend’s favorite activity is shopping.

3.SEBAGAI OBJEK UNTUK VERB TERTENTU: 
    Setelah beberapa kata tertentu, seperti dibawah ini suatu kata kerja akan berubah menjadi Gerund :
Finish    Fancy  forgive    Mind      Admit    Appreciate  Deny Delay   Detest  Resist Risk Consider Continue  Keep  Enjoy  Excuse  Postpone  Practice  Pardon   Prevent  Understand Avoid   Anticipate  Avoid   Neglect

Biasanya Gerund bentuk ini sering keluar pada ujian bahasa inggris masuk perguruan tinggi atau TOEFL, dan untuk mudah mengingatnya Guru saya waktu bimbel dulu menyusun Huruf-huruf kunci dari kata kata diatas menjadi FiFa”MAS DAR CUAKEP DECH” (Fi= Finish, Fa=Fancy…dan seterusnya). Sehingga jika dimasukan ke rumus akan menjadi :

FiFa”MAS DAR CUAKEP DECH”+ O (V-ING)
   (Sesuaikan aja ya apa huruf kata kerjanya)
     Contoh Kalimat : The students have finised doing the exercises

4. Objek Posesive  (Kepemilikan)
    Rumus : OBJEK POSESIVE:            POSSESIVE        +           V-ING
    Contoh : He wait your coming   

5. OBJEK PREPOSISI (KATA DEPAN):
    Rumus : PREPOSISI     +  V-ING/BEING 
    Contoh di Dalam Kalimat : I’m going to the party after working

Biasanya Setelah To diikuti V1, tapi ada setelah  TO dikuti dengan gerund yaitu setelah frase :
Take To, Object To, Get Used To, Look Forward To, BE USED TO, BE ACCUSTOMED TO
Urutan frase diatas Huruf kuncinya bisa disusun menjadi TOGEL 2 BE   
Rumusnya menjadi TOGEL 2 BE    +    TO    +  V-ING

(TOGEL 2 BE  sesuaikan dengan frase yang diinginkan)

Contoh  Kalimat : He was used to living in city before moving to this village   

Ok, sekian dulu ya sobat pembaca, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan atau penjelasan belum lengkap. Semoga bisa bermanfaat. Jangan bosan-bosan ya buat mampir ke situs belajar bahasa inggris yang masih sangat sederhana ini…

Selamat Belajar  

Bentuk-Bentuk Singkatan Kata (Construction Words) Dalam Bahasa Inggris

Singkatan Kata dalam Bahasa Inggris

Orang dari negara kita sering mengalami kesulitan memahami apa yang sedang dibicarakan oleh orang inggris asli atau orang yang berasal dari negara yg juga menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa kedua,,kenapa karena mereka banayak menggunakan kalimat istilah-istilah,slank,idiom dan kata-kata yang disingat seperti yang akan kita jelaskan pada artikel ini.

Kata-kata yang di singkat atau construction words ada yang sering di pelajari di sekolah atau kursus seperti penyingkatan pada penggunaan to be (contoh: I am menjadi I’m, She Is ) atau penggunaan auxiliary Verb atau kata kerja bantu (contoh I will menjadi I’ll atau I cannot menjadi I Can’t), singkatan-singkatan seperti itu pasti kita sudah familiar, tapi kali ini singkatan bahasa inggris familiar digunakan dalam percakapan sehari-hari tapi jarang dipelajari di saat belajar bahasa inggris di kelas dan tempat kursus, singkatan kata tersebut antara lain :
1.Gonna (going + to)
Contoh: I Gonna meet her (Saya akan bertemu dia)
2. Gotta (have+got+to)
Contoh:    I gotta go (Saya harus pergi)
3. Wanna (want+to)
I Wanna buy car (Saya ingin membeli mobil)
4. Lemme (Let+me)
Lemme Go (Biarkan saya pergi)
5. Gimme (Give+me)
Gimme Money (Beri saya uang)
6. Outta (Out +of)
Get Outta Here (Keluar dari sini)
7. I'mma (I'm+Going+to)
I’mma watch film (saya akan menonton film)
8. Hafta (Have+To)
I hafta do this work (Saya harus mengerjakan pekerjaan ini)
9. Dunno (Don't,Doesn't Know)  
I Dunno the case (Saya tidak tahu kasus tersebut)
10. Kinda (Kind Of)
           It’s Kinda Animal (Itu adalah jenis binatang)

Biasa disebut bahasa gaulnya bahasa inggris,hanya digunakan untuk percakapan sehari-hari dan tidak digunakan dalam bahasa formal dan bahasa tulis. Mengusai bentuk singkatan kata dalam bahasa inggris ini beberapa kata diatas sangat berguna, karena dalam percakapan sehari-hari bahasa inggris sangat sering dipergunakan, contoh yang sering kita lihat aja pada film dan movie bahasa inggris, tidak mengetahui ini membuat kita sulit mengetahui apa yang sedang dibicarakan orang inggris dalam film atau movie tersebut.

Jika sudah bergaul dengan asing menggunakan bahasa inggris sehari-hari akan sulit bagi yang tidak mengusai singkatan-singkatan kata, karena mereka sangat jarang menggunakan bahasa formal yang sering kita pelajari, so pahami dan kuasai ya  

Semoga bermanfaat 

Strategi Cara Menjawab Soal Listening Tes TOEFL dengan Benar


Bagian pertama dalam tes TOEFL adalah listening comprehension dimana peserta akan didengarkan beberapa dialog singkat, dialog panjang, dan pidato panjang diikuti dengan pertanyaan yang pilihan jawabannya  ada di kertas soal.

Bagi kebanyakan orang bagian listeing merupakan yang paling sulit dalam tes toefl. Karena orang berbicara dalam percakapan atau didato adalah native speaker sangat jauh berbeda dibanding penyampaian oleh orang Indonesia yang sering kita dengar disekolahan atau tempat kursus. Mereka berbicara cepat dan kadang peserta tidak mengerti apa yang di ucapkan.

Walaupu sulit tidak harus menyerah karena sebenarnya tes TOEFL disamping membutuhkan kemampuan bahsa inggris juga berkaitan dengan strategi yang digunakan saat menjawab soal-soal tersebut :

Berikut adalah beberapa strategi cara menjawab tes listening toefl yang bisa anda coba :
Strategi Umum
1. Pahamilah bentuk-bentuk perintah (Direction pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari H)
2. Baca pilihan-pilihan jawaban masing-masing soal ketika narrator sedang membacakan direction dan contoh soal (Directio sudah di baca sebelum hari H)
3. Dengarkan penuh konsentrasi dan fokus perhatian Anda pada percakapan yang sedang anada dengarkan
4. Maksimalkan kemampuan listeing pada soal-soal pertama masing-masing part

Strategi Khusus
PART A : Short Conversation
5. Fokus mendengar pada pembicara kedua
6. Janganpanik bila tidak memahami kata demi kata dalam percakapan secara kompliy, hanya perlu meangkap ide dan isi percakapan
7. Bila tidak bisa memahami apa yang diucapakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari yang anda dengar
8. Pahamilah bentuk-bentuk functional expression(agreement, suggestion, suprice,dll), idiomatic expression dan situasi ketika pembicaraan dilakukan

PART B : Longer Conversation
9. Ketika narrator membicarakan direction par B sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memperkirakan tema apa yang akan diperbincangkan
10. Ketika menyimak conversation, anda harus mengetahui tema/topic yang dibicarakan
11. Waspadalah pada masing-masing pertanyaan
12. Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung yakni menyangkut dengan tempat dan waktu pembicaraaan, apa dan siapa yang dibicarakan

PART C : TALK
13. Bila anda memiliki banyak waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya
14. Waspada pembicaraan pada kalimat-kalimat pertama karena biasanya menjadi topic bagi kalimat-kalimat selanjutnya
15. Fokus mendengarkan pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5-WH (What, Why, Who, When, Where) dan How
16. Buatlah kesimpulan atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara lain strategi lain dalam menjawab soal-soal tes TOEFL yang disertai kumpulan soal-soal tes TOEFL and juga software soal listeing TOEFL, selengkapnya bisa dilihat di [Ebook Cara Lulus TOEFL]  

Demikianlah beberapa strategi dalam menjawab Soal Listening Tes TOEFL semoga bermanfaat, semoga bisa berhasil dalam menjawab TOEFL, lulus, dan mendapat score yang tinggi.

Download Ebook Belajar Bahasa Inggris Online Gratis

Ebook Belajar Bahasa Inggris
Download Ebook Belajar Bahasa Inggris Online Gratis
Bagi sobat pembaca yang suka belajar dan ingin bisa mahir bahasa inggris, pasti suka mencari bahan-bahan belajar dari internet. Jadi pada posting kali ini saya akan share info Ebook Belajar Bahasa Inggris yang dapat didownload secara gratis. Ebook Bahasa Inggris ini berjudul “Rahasia Cepat Belajar Bahasa inggris Tanpa Grammar”. Ebook ini berbentuk PDF yang banyaknya 86 halaman. Selain Ebook ada audio lesson berbentuk MP3 yang juga bisa didownload secara gratis.

Ebook Belajar Bahasa Inggris ini tersedia di satu situs penyelanggara kursus bahasa inggris online. Kursus disini sebenarnya berbayar, nggak terlalu mahal sih sebenarnya biayanya hanya Rp. 229.000 (bayar 1x seumur hidup). Bagi yang ingin mengenal metode dan materi belajar bahasa inggrisnya mereka menyediakan Ebook gratis ini. Mungkin dengan memperlajarinya ada yang jadi berminat mengikuti kursus beryarnya. Sobat pembaca bisa memanfaatkannya download Ebook Gratis ini. 

Jika setelah membaca jadi berminat ikut kursus berbayar, ya lebih baik juga.Penyelenggara kursus ini bukan yang asal-asalan loh, pesertanya Belajar Bahasa Inggris Online nya sudah Ribuan dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri. Kursus disini menggunakan metode Full Conversation tanpa belajar grammar, kursus yang bergaransi, ada ujiannya dan bersertifikat. Peserta tidak perlu takut rugi karena ber-GARANSI Uang Kembali 100% selama 30 hari. Jika karena alasan apapun, Anda tidak senang dan tidak puas dengan produk Audio, metode dan sistemnya. Tanpa syarat, tanpa resiko dan tidak mungkin rugi.

Baiklah kembali ke topic pembicaraan, mengenai Ebook belajar bahasa inggris ini. Bagi yang ingin mendownload silahkan mengikuti caranya berikut ini :
1. Klik tulisan Download Now dibawah.
2.Isi Form Pendaftaran (pilih keanggotaan gratis)—centang saya setuju—Klik Lanjutkan
3. Buka Email yang anda gunakan saat mendaftaran
4. Klik Link Konfirmasi yang sudah terkirim ke email anda
5. Dengan User Name dan Pasword, Login  di situs ini untuk masuk ke member area
6. Di member area, Klik Menu Download Gratis
7. Silahkan di Download

Demikian info mengenai Ebook Belajar Bahasa Inggris yang dapat di download secara gratis, semoga bermanfaat.

8 Tips Umum Cara untuk Lulus Tes TOEFL


Tes TOEFL menjadi momok yang menakutkan banyak orang karena banyak yang gagal ketika mengikutinya. TOEFL  diujikan untuk mengetahui kompetensi seseorang dalam bahasa inggris. Tes TOEFL lebih sulit dari soal ujian bahasa inggris di ujian sekolah,UN atau ujian masuk universitas. Bagi yang jarang berlatih akan mengalami kesulitan mengerjakannya. Pada artikel kali ini kita akan berbagi tips Cara untuk Lulus Tes TOEFL.
Dalam tes 4 bentuk soal yang diujikan yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, Reading Comprehension,dan Test Of English Written (TEW). Dari ke 4 jenis itu Test Of English Written (TEW) sangat jarang digunakan dalam Tes TOEFL.

Untuk bisa lulus tes TOEFL, jauh-jauh hari haruslah di persiapkan dengan banyak-banyak berlatih soal-soal tes toefl ini. Berikut ini ada beberapa cara untuk lulus tes TOEFL :
1. Saat Mengerjakan Soal berkonsentrasilah dengan baik
2. Kenali petunjuk/perintah mengerjakan soal, di pahami dari sebelum hari H akan lebih baik (Petunjuk/Perintah sama)
3. Pola Tes TOEFL tertentu dan pasti
4. TOEFL bukanlah beban yang harus dihindari. Anda bisa berelaksasi dan refereshing saat mengerjakan soal
5. Belajar tes TOEFL menyenangkan bisa dengan mendengarkan film dan music berbahasa inggris-Cermati pengucapannya karena dengan mengenal pronunciation akan mempermudah mengerjakan soal Listening Comprehension
6. Biasakan sehari-hari membaca bacaan apasaja berbahasa inggris membantu memudahkan mengerjakan soal Reading Comprehension. Beri tanda yang tidak mengerti-konfirmasi dengan kamus yang tepat-ketahui arti and pengucapannya (pronunciation)
7. Jangan pernah membatasi bacaan (dalam bahasa inggris) pada tema tertentu.
8. Luangkan waktu untuk membaca kalimat-kalimat berbahasa inggris setiap hari.

Demikianlah beberapa beberapa tips Umum Cara Lulus Tes TOEFL semoga bermanfaat. Tips khususnya akan dibahas pada artikel selanjutnya. Bagi anda yang ingin strategi menjawab soal-soal toefl yang lengkap, lihat  [Video Belajar TOEFL]

Selamat belajar semoga bermanfaat, Semoga lulus Tes TOEFL nya.

Bentuk-Bentuk Soal Tes TOEFL


Bagi yang akan mengikuti TES TOEFL namun sebelumnya belum pernah, ada yang akan penasaran dan ingin tahu bagai mana bentuk soal tes toefl. Mengetahui bentuk soal tes TOEFL sebelum hari H sangat bagus, agar tidak terkejut saat tes,bisa memperkirakan gambaran soal, bisa cepat  mengerti dan memahaminya instruksi (karena pada saat tes disampaikan dalam bahasa inggris), bisa menghemat waktu (saat ujian instruksi di tulis/didengarkan dalam bahasa inggris, jadi akan memakan waktu juga), dengan mengetahui juga bisa mempersiapkan diri dengan berlatih mengerjakan soal-soalnya.

Kembali membahasa bentuk soal-soal tes TOEFL, dalam satu tes TOEFL ada 4 bentuk soal yang diujikan :
1. Listening Comprehension
Bagian ini digunakan untuk menguji kemampuan peserta menyimak pembicaraan atau bahasa lisan yang dilakukan dalam bahasa inggris. Para peserta diharapkan bisa menyimak setiap percakapan (baik dialog maupun monolog) yang berasal dari sebuah tape recorder.

2 Structure and Written Expression
Bagian ini digunakan untuk mengetahui kemampuan gramatikal peserta tes, termasuk di dalamnya gaya-gaya bahasa tulis dalam bahasa inggris. Pesera diharapkan memilih jawaban yang paling tepat untuk melengkapi sebuah kalimat dan juga harus menemukan kesalahan yang terdapat dalam sebuah kalimat

3. Reading Comprehension
Bagian ini ditujukan untuk mengetahui pemahaman peserta tes terhadap teks-teks tertulis dalam bahasa inggris. Secara umum, para peserta diharapkan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai arti, ide, informasi yang spesifik serta kosa kata tertetu yang terdapat dalam bacaan-bacaan yang diujikan.

4. Test Of English Written (TEW)
Bagian ini dikhususkan untuk mengetahui kemampuan peserta tes dalam melakukan tulis menulis dalam bahasa inggris. Dalam ujian ini peserta diberikan satu topic atau tema tertentu dan selanjutnya diminta untuk menulisakan ide mengenai tema tersebut.

Namun tidak semua tes TOEFL mengujikan TEW, bahkan hanya sedikit yang memasukkannya sebagai salah satu  materi pengujian.

Soal-soal tes TOEFL berbentuk pilihan ganda (Multiple Choice), terdiri dari empat pilihan (A, B, C, dan D).

Bagi yang lagi persiapan mengikuti TES TOEFL bagus juga menonton Video Belajar TOEFL karena disini akan diajarkan Trik-trik cara menjawab TOEFL dengan cepat dan benar sehingga bisa lulus tes TOEFL dan mendapat nilai yang tinggi.

Suber :
Buku : 34 Kunci Sukses Menaklukkan TOEFL karangan Ilham Ali Saifuddin