7 Aturan (Cara) untuk Lancar Berbicara dalam Bahasa Inggris, Berbicara Secara Cepat Tanpa Harus Berpikir



7 Aturan (Cara) untuk Lancar Berbicara dalam Bahasa Inggris—Materi mengenai cara lancar berbicara dalam bahasa inggris ini bersumber dari tutorial bahasa inggris yang dibuat oleh Mr. AJ Hoge pembuat Effortless English Teaching Sistem yang berjudul “7 Rules for Speak Excellent English” (7 aturan untuk berbicara dalam bahasa inggris yang bagus). Judul yang saya tulis agak berbeda dalam arti kata dengan judul asli bila di terjemahkan ke bahasa indonesia, namun dari maksut sebenarnya sama. Hal itu karenakan saya ingin membuat judul mudah diingat dan juga karena saya memang belum bisa menerjemahkan,hehehe.


Yuk langsung menuju materi saja.

7 Aturan (cara) untuk Lancar Berbicara dalam Bahasa Inggris
1.Gunakan metode Mendengarkan dan Menjawab Cerita Singkat (Listen and Answer Min Story) bukan  Mendengar dan Mengulang (Listen and Repeat).
Motode belajar bahasa inggris yang sering kita dapatkan selama ini adalah Mendengar dan Mengulang (Listen and repeat), misalnya kita setelah mendengarkan pembelajaran bahasa inggris dari kaset, kita mengulangi apa yang kita dengar, dan itu tidaklah cukup karena hanya mengkopi pembicaraan. Namun dengan mendengar dan menjawab (Pertanyaan dari cerita) kita harus berpikir berpikir dan harus menjawab dengan cepat. Jika melakukan cara ini secara rutin selama 4 bulan, kemampuan berbicara meningkat, mampu berbicara dengan cepat, mudah dan otomatis.

Lalu apa sebenarnya Listen and Answer Mini Story?
Rekaman cerita mini (singkat) yang diselingi banyak pertanyaan mudah,namun konstan, secara cepat. Sehingga tidak punya waktu untuk memikirkan grammar. Dengan demikian melatih untuk berbicara, cepat dan otomatis.
Bagai mana cara membuat:

Untuk membuat Listen And Answer Mini Story yang sebenarnya kita butuh bantuan seorang tutor orang inggris asli (Native Tutor), untuk membuat sebuah rekaman cerita mini yang diselingi banyak pertanyaan. Cerita mini inilah yang harus kita dengar setiap hari.

2. Berhenti Belajar Aturan Grammar
Setiap kali masuk kelas bahasa inggris pasti ada belajar aturan Grammar terutama aturan Tenses dan tata bahasanya. Kita diharuskan menghapal  begitu banyak tenses. Walaupun sudah merasa hapal dan paham, kebanyakan kita akan gagap atau tebata-bata menggunakannya dalam percakapan, apalagi lawan bicara kita orang asing. Itu terjadi karena belajar grammar membuat kita selalu memikirkan aturan ketika melakukan percakapan. Sedangkan yang kita inginkan dalam belajar pasti ingin mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari secala lancar dan natural.

3. Gunakan metode Mendengar (Listening)
Untuk paham bahasa inggris kita harus banyak mendengar. Berhentilah membaca Test Book (Buku pelajaran bahasa inggris) karena materi-materi yang ada dalam buku pelajaran sebenarnya sangat jarang digunakan dalam percarakapan sehari-hari dan mulailah mendengar apapun yang disampaikan dalam bahasa inggris. Belajarlah dengan telinga bukan dengan mata. Mendengarlah bahasa inggris 1-3 jam setiap hari. 

4. Belajar Secara Mendalam
Belajarlah secara mendalam  untuk dapat bicara dengan mudah. Pelajari tiap kata, tiap frase secara mendalam agar benar-benar tersimpan dalam ingatan, tidak hanya mengerti/mengingat arti atau belajar hanya untuk ujian. Belajar secara cepat hanya membuat kita cepat lupa apa yang telah dipelajari.

Bagai mana belajar secara mendalam, caranya pelajari/mendengar tiap materi banyak kali. Apa bila punya audio book pelajari 3X sehari selama 10 hari.

5.Dengarkan Cerita Pendek yang Sama yang Disampaikan dengan Waktu  (Tenses) yang Berbeda (Point Of View Stories)  
Diaturan 2  jangan belajar aturan grammar, walaupun demikian kita harus tetap mampu menggunakan grammar yang benar.

Lalu bagai mana caranya?
Belajar grammar secara natural.
Caranya mendengar satu cerita pendek yang sama yang disampaikan dengan menggunakan waktu (tense) yang berbeda-beda, cerita ini dinamakan Point Of View Stories.

Contoh: Pertama mendengar cerita yang menggunakan Present Tense Setiap hari, Setelah setelah benar-benar paham dan melekat diingatan, mendengar cerita yang sama lagi tapi yang menggunakan Past Tense (Begitu seterusnya menggunakan tenses yang berbeda).

Cara membuat Point Of View Stories
Carilah cerita/artikel pendek dalam Present Tense, kemudian mintalah tutor orang inggris asli untuk menulisnya kebali dengan waktu (tenses) yang berbeda (Ex: Past Tense, Future Tense, Perfect Tense), dan kemudian mintalah dia membaca dan merekamnya.

6.Belajarlah Bahasa Inggris yang Sebenarnya Bukan Bahasa Inggris Text Book (berdasarkan buku)
Apakah teman-teman belajar bahasa inggris lebih dari, namun masih bermasalah memahami perkataan orang inggris?
Sebenarnya kita tidak salah, yang salah adalah metode belajar yang kita gunakan selama ini yang hanya belajar bahasa inggris berdasarkan Buku (Text book English). Maka dari itu kita harus berlajar bahasa inggris yang sebenarnya bukan Text Book (walaupun yang disampaikan dalam Kaset atau CD).
Materi belajar berdasarkan buku,tidak sama dengan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk dapat paham apa yang orang inggris sampaikan/katakana, maka kita harus melakukan apa yang biasa mereka lakukan. Mendengarkan apa yang biasa mereka dengan, menonton apa yang mereka biasa tonton, membaca apa yang biasa mereka baca.

Untuk dapat berbicara/paham dengan apa yang dibicarakan dalam bahasa inggris harus mendengar , sesuai dengan atauran untuk berbicara dengan mudah harus banyak mendengar. Maka dari itu dengarkan hanya bahasa inggris yang sebenarnya,tv,radio,film, radio talk show, audio book, audio article berbahasa inggris.

7. Metode Mendengarkan dan Menjawab Cerita Singkat (Listen and Answer Mini Story) adalah cara yang mudah dan cepat untuk mampu berbicara dalam berbahasa inggris dengan mudah dan otomatis.
Sumber : http://effortlessenglish.com


Bagi yang ingin bisa segera lancar berbicara dalam bahasa inggris silahkan mencobanya semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian. Karena saya hanya mencoba membagikannya apa yang saya pelajari dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti.

Tips Cara Mudah Memahami Isi Buku Berbahasa Inggris Non Fiksi


Bagi yang sudah menempuh pendidikan di universitas pasti sering harus membaca buku yang berbahasa inggris. Banyak yang menemukan kendala ketika harus membaca buku kuliah atau pelajaran berbahasa inggris karena sulit memahami dan mendapatkan informasi penting dari buku yang dibaca. Kadang-kadang menjadi hanya membuang waktu saja, karena tidak mengerti.

Orang yang sudah menempuh pendidikan di universitas, tentu sudah pernah belajar bahasa inggris minimal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), kalau dihitung minilah sudah 6 tahun belajar bahasa inggris, walaupun tidak intensif setiap hari. Tapi tetaplah bisa di katakan, bahwa orang yang sudah mewati pendidikan SMA basic keterampilan bahasa inggris termasuk keterampilan membaca teks bahasa inggris, hanya saja karena jarang mempraktekkan.

Jadi ngalor ngidu ya, ok langsung masuk pada ini utama dari artikel ini Cara Membaca dan Memahami Buku Berbahasa Inggris Non Fiksi, berikut inilah beberapa caranya yang bisa di coba :
1. Periksa Cover buku bagian depan dan belakang. Pelajari judul, ilustrasi, uraian singkat isi buku, komentar tentang isi buku, tujuan dari buku di akhir jika ada.
2. Catat nama penulis, informasi biografi (seperti apa qualifikasinya)
3. Periksa nama penerbit dan waktu keluar hak cipta/waktu terbit (Waktu sangat penting di berbagai area studi, Buku jika tidak pernah di revisi bisa jadi sudah ketinggalan zaman.
4. Baca pendahuluan, kata pengantar. Mencek informasi-informasi seperti ini dengan cepat dapat menjadi tanda yang bagus mengenai apa di set penulis untuk dilakukan dalam buku.
5. Baca dengan teliti daftar isi buku karena daftar isi merupakan kerangka isi buku, menjadi tanda pendekatan dari penulis dan perlakuan umum dari materi, jumlah, halaman panjang dan strukstur. Juga index, bibliografi, dan glossarium.
6. Lihat gambar-gambar yang ada di dalam buku, catat jika ada rancangan, gambar, grafik, dll.
7. Jika ada kesimpulan secara menyeluruh, baca dengan teliti

Dari langkah-langkah diatas, kita dapat mengevaluasi buku sesuai dengan tujuan kita membaca buku, juga bisa memahami isi buku secara umum, juga akan memberi kemudahan untuk mendapat informasi yang lebih detail dari buku.

Di awal mungkin terlihat membutuhkan waktu lama dan usaha yang lebih, namun jika rajin mempraktekkannya dan karena pengalaman nantinya hanya akan membutuhkan beberapa menit dari total waktu yang digunakan untuk membaca buku.


Semoga beberapa Cara Mudah Memahami Isi Buku Berbahasa Inggris Non Fiksi diatas bisa membantu sobat pembaca ketika membaca suatu buku non fiksi berbahasa inggris.